Breaking News

PDIP Trenggalek Tumbangkan PKB, Tambah Empat Kursi DPRD

 


Trenggalek,  reporter.web.id - PDIP Trenggalek mengklaim berhasil memenangkan Pemilu 2024. Suara partai banteng juga melonjak tajam dan diprediksi mendapat tambahan empat kursi di DPRD.

Kemenangan PDIP ini berhasil menumbangkan dominasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memenangkan dua periode pemilu 2014 dan 2019.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Trenggalek Mochamad Nur Arifin, mengatakan dari perhitungan internal, partainya diprediksi akan memperoleh suara DPRD kabupaten sekitar 130 ribu dan DPR RI sekitar 148 ribu suara.

"Kami pecah rekor di Kabupaten Trenggalek ini, kalau sebelumnya kami di angka 89 ribu sampai 90 ribu suara untuk DPR RI sampai kabupaten, sekarang bisa tembus DPRI RI-nya 148 ribu dan kabupaten 130 rib         u, perkiraan. Ini masih dalam proses rekapitulasi oleh tim saksi, selain itu kami juga masih menunggu pemungutan suara ulang di beberapa TPS," kata Mochamad Nur Arifin di DPC PDIP Trenggalek, Minggu (18/2/2024).

Dengan kemenangan tersebut pihaknya memprediksi akan mendapatkan tambahan empat kursi di DPRD kabupaten, dari semula sembilan kursi menjadi 13 kursi. Pihaknya memastikan ketua DPRD Trenggalek periode 2024-2029 akan bergeser dari PKB ke tangan PDIP.

"Tambahan itu kami ketahui dari simulasi metode sainte lague. Ya, ini tentu momen yang membahagiakan bagi PDIP dan masyarakat Trenggalek," ujarnya.

Arifin menjelaskan dari enam daerah pemilihan di Trenggalek terdapat dua kantong kemenangan tebal partainya, yakni Dapil 5 Dongko Munjungan dan Dapil 6 Pule Panggul. Untuk Dapil 5 diperkirakan akan memperoleh empat kursi dan Dapil 6 mendapatkan tiga kursi.

Pihaknya berharap wakil rakyat yang terpilih nantinya dapat mengemban amanah dari daerah yang diwakili dan mendorong akselerasi pembangunan di Trenggalek.

Capaian suara tersebut akan dikawal sampai rapat pleno rekapitulasi terakhir di tingkat kecamatan maupun kabupaten, sehingga suara yang dimiliki tidak ada yang hilang.

"Saya menancapkan terima kasih kepada masyarakat Trenggalek yang sudah mempercayakan wakilnya melalui PDIP. Alhamdulillah ternyata banyak juga yang cinta sama PDIP,"ujarnya.

Dari pantauan detikJatim di situs pemilu2024.kpu.go.id pembaruan Sabtu (17/2/2024) pukul 19.30 WIB, PDIP Trenggalek memimpin perolehan suara 27,58 persen, disusul PKB 25,44 persen, Partai Gerindra 11,77 persen, Partai Golkar 10,04 persen, PKS 9,61 persen, Partai Demokrat 6,21 persen, Partai Hanura 3,14 persen, Partai NasDem 1,92 persen, PPP 1,87 persen dan PAN 1,59 persen.(red.tim)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini