Breaking News

Pasar Dugderan Semarang 2024 Mulai Besok, Begini Konsepnya

 


Semarang,  reporter.web.id - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Ita memastikan tradisi Dugderan untuk menyambut bulan suci Ramadan akan kembali hadir. Pihaknya tengah menyiapkan konsep agar pagelaran Dugderan tahun ini lebih meriah.

Ita mengatakan Dugderan akan berlangsung pada H-2 sebelum puasa. Meski begitu, seperti biasa akan ada juga Pasar Dugderan yang rencananya dimulai besok.

"Rencananya Pasar Dugderan akan berlangsung 28 Februari 2024. Saya lagi menata dan merapatkan layout-nya," kata Ita dalam keterangan tertulis, Selasa (27/2/2024).

Pemkot Semarang juga sudah mengundang para pedagang yang akan memeriahkan Pasar Dugderan agar mereka tahu konsep yang telah dirumuskan.

"Sehingga harus semua pihak mendapatkan lokasi yang terbaik dan strategis," ujar Ita.

Dugderan 2024 akan dimeriahkan dengan kirab budaya dimulai dari Balai Kota Semarang menuju Masjid Agung Kauman Semarang. Juga akan ada gunungan roti ganjel rel hingga beduk raksasa sebagai simbol kekayaan budaya Kota Semarang.

"Seremonial halaqah, saya minta lebih bagus, lebih tertib, karena ini kan memang tontonan tahunan. Apalagi penyerahan roti ganjel rel. Saya ingin di tengah lapangan, ada beduk yang gede. Ini menunjukkan kekayaan budaya Kota Semarang yang harus dilestarikan," ucap Ita.

Kepala Disbudpar Kota Semarang, Wing Wiyarso juga telah menyiapkan lomba berkudo dalam prosesi kirab budaya. Pihaknya juga akan melakukan pengaturan agar tak terjadi desak-desakan dalam kerumunan terutama pada saat prosesi pengambilan gunungan.

"Berkudo atau pasukan 40-an. Walaupun tahun ini baru 16 peserta, mereka akan ikut kirab dan dinilai. Didukung komunitas lain seperti Sam Poo Kong, Tay Kak Sie, Tosan Aji, dan lain-lain," kata Wing.(red.Tim)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini