Breaking News

Timnas Indonesia Dikalahkan Australia, Ini Komentar Kedua Pelatih



Solo,    reporter.web.id   - Timnas Indonesia harus angkat koper dari Piala Asia 2023. Di babak 16 besar, skuad Garuda dikalahkan Australia dengan skor telak 4-0.

Pertandingan Australia vs Indonesia berlangsung pada Minggu (28/1/2024) malam WIB di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Qatar.

Indonesia bermain agresif sejak menit awal dan menekan pertahanan Australia. Rafael Struick membuat peluang emas di menit keenam dari sepakan di depan gawang, tapi bola melenceng tipis. Enam menit setelah peluang itu gawang Indonesia kebobolan karena bunuh diri Elkann Baggott.

Tembakan Jackson Irvine mengenai kaki Baggott dan berubah arah sehingga menjebol gawang Ernando Ari. Gol itu membuat Indonesia terlecut untuk menyamakan skor.

Tapi, mereka gagal memaksimalkan peluang yang didapat dan malah kebobolan di pengujung babak pertama lewat gol Martin Boyle. Masuk di babak kedua, Indonesia berupaya mengejar ketertinggalan hingga akhirnya Craig Goodwin dan Harry Souttar menamatkan perlawanan mereka.

Australia berhak melaju ke perempatfinal usai menang 4-0. Hasil ini membuat Indonesia tersingkir di babak 16 besar, yang menjadi laju terbaiknya di Piala Asia.

Hasil yang begitu menyesakkan untuk pelatih Shin Tae-yong karena Indonesia sudah bisa memulai laga dengan baik.

Komentar Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyesali Timnas Indonesia yang kebobolan gol bunuh diri cepat. Ini membuat rencana yang disusun berantakan.

Sayang, gol bunuh diri yang terlalu cepat datangnya sebelum 15 menit laga berjalan membuat rencana yang disusun menjadi berantakan.

"Pertama-tama selamat untuk Australia. Sejujurnya, jika saya nilai penampilan tim kami hari ini, ini pertandingan terbaik kami. Sayangnya gol pertama, kebobolan itu karena bola berubah arah saat coba dihalau pemain belakang kami," ujar Shin dalam jumpa pers usai laga.

"Jika kami tidak kebobolan gol yang berbau ketidakberuntungan itu situasi seluruh pertandingan bisa saja berbeda," lanjut Shin.

"Dalam konteks pertandingan, kami sebenarnya tidak bermain bermain buruk. Terlepas dari empat gol yang bersarang ke gawang kami, saya ingin berterima kasih kepada pemain dan sangat senang dengan penampilan yang ditunjukkan."

Pujian Pelatih Timnas Australia
Usai laga, pelatih Australia Graham Arnold memuji Indonesia. Meski timnya menang telak, ia mengaku mendapat perlawanan sengit dari Asnawi Mangkualam dkk.

"Kredit buat Indonesia, mereka menjadikannya sulit bagi kami," kata Arnold usai laga.

"Secara fisik mereka besar-besar dan kuat, dan ini laga yang sulit, tapi kualitas yang kami punya di depan terlihat hari ini, serta apa yang kami kerjakan di sesi latihan bekerja dengan baik," terangnya.

"Anak-anak mulai semakin yakin dan itu bekerja dengan baik. (Pertandingan seperti itu) persis seperti yang kami tunjukkan kepada pemain, untuk siap bertarung, siap pertarungan fisik, karena itulah yang akan dibawa Indonesia. Kami mengharapkan itu,"

"Kami bisa berbuat lebih baik di segala aspek. Kami akan melakukan peninjauan untuk melihat apa yang bisa kami lakukan dengan lebih baik, karena kami selalu ingin bersikap positif dalam segala hal," ujar Arnold.

Australia kini menunggu pemenang Arab Saudi vs Korea Selatan, yang baru akan bermain pada Selasa (30/1).(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini