Breaking News

Cara Bupati Fauzi Bikin Gen Z Lebih Kenal Seni dan Budaya Tradisional Sumenep


 

Sumenep,   reporter.web.id    - Ratusan siswa SMA di lingkungan Kabupaten Sumenep, dikenalkan beragam kesenian seperti Macopat dan Tari Sintung.

Festival Macopat, tari dan Musik Tradisional ini bagian dari kalender event Sumenep 2024, yang mengusung tema edukasi.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, mengatakan kegiatan kali ini bagian dari upaya pemkab mengenalkan ke Gen Z untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah.

Melalui kegiatan ini, dia berharap para generasi muda, khususnya di kabupaten paling timur Pulau Madura, semakin mengenal Sumenep secara utuh.

Pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep ini mengungkapkan, bahwa daerah yang dipimpinnya tidak hanya memiliki potensi pariwisata luar biasa, namun juga kaya akan seni dan budaya.

"Melalui festival ini, kami ingin para generasi muda bisa lebih kenal, kemudian sayang dan semakin cinta kepada Sumenep. Karena biasanya, ketika sudah cinta, seseorang itu akan melakukan yang terbaik bagi yang dicintainya," ujar Bupati Fauzi, Sabtu (20/1/2024) malam.

Cak Fauzi, sapaan akrab Bupati Sumenep, mengaku tidak ingin seluruh kesenian dan kebudayaan di daerahnya yang notabene warisan leluhur hanya akan dikenang sebagai sejarah. Dan tak bisa lagi dinikmati di masa depan karena tidak ada regenerasi.

"Nah, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya regenerasi yang coba kami lakukan, dengan terus mengenalkan kepada generasi muda kita," tambah orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep.(red.al)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini