Breaking News

Caleg di Bondowoso Rela Jual Ginjal demi Modal Kampanye

 


Bondowoso, reporter.web.id  - Seorang calon anggota legislatif (caleg) di Bondowoso, Erfin Dewi Sudanto rela menjual ginjalnya untuk biaya kampanye. Warga Desa Bataan, Tenggarang, Bondowoso ini merupakan caleg asal PAN.



Erfin maju sebagai caleg di Dapil I Bondowoso (Kecamatan Kota, Tenggarang, dan Wonosari). Pria yang mendapat nomor 9 ini merelakan satu ginjalnya untuk dilelang bagi yang membutuhkan.




Saat ini, lelang ginjal masih dilakukan secara konvensional atau door to door. Artinya, dia menawarkannya pada warga yang ditemuinya.




"Langkah ini terpaksa saya lakukan. Sebab, saya melihat kondisi demokrasi di Indonesia saat ini memprihatinkan," ungkap Erfin saat ditemui detikJatim di rumahnya, Selasa (16/1/2024).




Untuk menjadi calon legislatif, Erfin menyebut diperlukan biaya yang tidak sedikit. Misalnya untuk mencetak alat peraga kampanye (APK) hingga biaya penggalangan suara.




"Konstituen itu sekarang sudah pintar-pintar. Kalau hanya janji, tapi tak ada uangnya tak akan dipilih," papar mantan kepala desa ini.



Bahkan, disampaikan Erfin, untuk mendapat satu suara, ia butuh sejumlah uang. Nilai itu tinggal dikalikan untuk berapa suara di dapil tersebut.




"Saya sudah turun ke masyarakat. Minimal butuh lima puluh ribu untuk dapat satu suara," tandas Erfin. (red.s)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini