Breaking News

200 Orang Dikerahkan Untuk Melipat Surat Suara Pemilu 2024 di Gudang KPU Kabupaten Kediri

 


Kediri,   reporter.web.id   - KPU Kabupaten Kediri mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024, Jumat (5/1/2024) pagi.

Proses sortir dan lipat ini dilakukan di gudang sentra KPU Kabupaten Kediri yang berlokasi di Kecamatan Gampengrejo.

Tak kurang dari 200 petugas sortir dan lipat turut andil dalam proses kali ini. Mereka mulai datang sejak pukul 08.00 WIB.


"Hari ini kami mulai melakukan proses sortir dan lipat surat suara di Gudang Gampengrejo," kata Ninik Sunarmi saat ditemui di lokasi.

Ninik mengatakan, untuk tahap pertama yang disortir dan lipat adalah surat suara DPRD Kabupaten Kediri dan menyusul surat suara untuk Pemilu lainnya.

Pihaknya telah menugaskan 200 petugas yang direkrut khusus untuk melakukan kegiatan ini.

"Ada 200 petugas yang sudah kami rekrut. Nanti kami evaluasi apakah membutuhkan tambahan petugas atau tidak. Rencananya hari ini dilakukan sampai pukul 22.30 WIB. Tapi bisa jeda istirahat. Karena targetnya bukan jam kerja, tapi jumlah surat yang disortir dan lipat," jelas Ninik.

Ia melanjutkan, KPU Kabupaten Kediri memiliki target selesai untuk sortir dan lipat pada 25 Januari 2024. Setelah itu akan dilanjutkan proses packing logistik Pemilu.

Untuk waktu sortir dan pelipatan, pihak KPU Kabupaten Kediri memperkirakan satu surat suara membutuhkan waktu 45-60 detik.


Ditanyai soal jumlah, Ninik belum menyebutkan angka pastinya. Namun menurutnya, total surat suara adalah total daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2 persen surat suara di masing-masing TPS.

Terkait honor petugas sortir dan lipat surat suara, lanjutnya, adalah Rp222 per lembar untuk surat suara presiden dan wakil presiden.

"Kalau selain surat suara presiden dan wakil presiden honornya di Rp296 per lembar," ucapnya.(red.al)



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini