Breaking News

Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat, Angin Kencang, dan Petir pada 31 Desember-1 Januari

 


Sumatra Utara, reporter.web.id- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah pada momen pergantian tahun. Potensi cuaca ekstrem yang terjadi pada 31 Desember 2023-1 Januari 2024 itu berupa hujan lebat, angin kencang, dan petir. BMKG menjelaskan, kondisi ini dikarenakan adanya daerah konvergensi yang terpantau memanjang. Konvergensi memanjang itu berada dari Selat Malaka hingga Perairan barat Sumatera Utara, dari Semenanjung Malaysia hingga Perairan barat Sumatera Barat, dari Jambi hingga Perairan barat Bengkulu.

Daerah konvergensi memanjang itu juga terjadi dari kalimantan Tengah hingga Laut Jawa, dari Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga barat daya Banten, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, dan dari Papua bagian selatan hingga Laut Arafura. Selain itu, juga ada konfluensi yang terpantau berada di Laut Jawa dan di Samudra Hindia barat daya Banten. “Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut,” bunyi keterangan BMKG.



31 Desember 2023 

Wilayah yang berpotensi hujan lebat, angin kencang, dan petir: 
Aceh Sumatera Utara Sumatera Barat Riau Kepulauan Riau Bengkulu Jambi Sumatera Selatan Kepulauan Bangka Belitung Lampung Banten Jawa Barat DKI Jakarta Jawa Tengah DI Yogyakarta Jawa Timur Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara Kalimantan Timur Kalimantan Selatan Gorontalo Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Maluku Papua Barat Papua Wilayah yang berpotensi hujan, angin kencang, dan petir: Bali Sulawesi Utara Sulawesi Selatan Baca juga: Ramai soal Tak Ada Badai yang Melintasi Garis Khatulistiwa, Ini Kata BMKG 1 januari 2024 Wilayah yang berpotensi hujan lebat, angin kencang, dan petir: Aceh Sumatera Utara Sumatera Barat Riau Bengkulu Jambi Sumatera Selatan Kepulauan Bangka Belitung Lampung Banten Jawa Barat Jawa Tengah DI Yogyakarta Jawa Timur Nusa Tenggara Barat Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara Kalimantan Timur Kalimantan Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Maluku Utara Maluku Papua Barat Papua Wilayah yang berpotensi hujan, angin kencang, dan petir: DKI Jakarta Bali Sulawesi Utara Sulawesi Selatan (red.PA)



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini