Breaking News

Warga Nganjuk Tolak Menyerah dari Inflasi, Masifkan Gerakan Penanaman Massal Cabai di Pekarangan

 


NGANJUK,   reporter.web.id    - Cabai saat ini menjadi komoditas mewah yang juga memicu inflasi. Tetapi Pemkab Nganjuk tidak berhenti menekan inflasi itu, salah sat dengan mendorong penanaman massal cabai secara mandiri di pekarangan rumah warga masing-masing.

Gerakan ini sangat serius, bahkan PJ Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna mengeluarkan surat edaran (SE) gerakan tanam cabai. Surat Edaran bernomor 500/135/411.020/2023 tertanggal 30 November 2023 tersebut tentang Gerakan Penanaman Cabai dan Pemanfaatan Lahan Pekarangan.

Dengan dikeluarkanya SE tersebut, Pj Bupati Nganjuk mengajak semua pihak memanfaatkan pekarangan yang ada untuk tanaman cabai. Gerakan memasyarakatkan tanam cabai tersebut dalam rangka mengendalikan inflasi bahan pangan dan untuk meningkatkan ketersediaan komoditas pangan di tingkat rumah tangga.


Selain itu, dikatakan Sri Handoko, SE gerakan tanam cabai tesebut sebagai upaya meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan rumah tangga.

"Kami meminta pimpinan Perangkat Daerah, Camat, dan Lurah/Kepala Desa untuk memerintahkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara dalam lingkup kerja masing-masing untuk melakukan gerakan penanaman cabai di lingkungan/rumah masing-masing," kata Sri Handoko dalam SE, Rabu (13/12/2023).

Selanjutnya, diungkapkan Sri Handoko, Camat dan Lurah atau Kepala Desa bersinergi bersama RT/RW, tokoh masyarakat setempat dan pihak terkait untuk mendorong dan mengajak masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan dan kebun melalui gerakan penanaman cabai serta kebutuhan konsumsi pangan rumah tanga lainnya.

"Kepada masyarakat Kabupaten Nganjuk, kami mengimbau untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dan ataupun lahan tersedia lainnya melalui gerakan penanaman cabai di lingkungannya masing-masing," sebut Sri Handoko dalam instruksinya.

Dan kepada semua pihak terutama Camat dan/ ataupun Lurah/Kepala Desa, tambah Sri Handoko, untuk menjadi teladan di wilayahnya masing-masing dalam menggalakkan dan memasyarakatkan penanaman cabai tersebut.

"Tentunya diharapkan dengan adanya Gerakan Penanaman Cabai di Pekarangan rumah masing-masing maka inflasi bisa dikendalikan,"ujar Sri Handoko.(red.al)



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini