Breaking News

Saat Jokowi Kepanasan dan Pinjam Topi Siswa di SMKN 1 Kedungwuni Pekalongan



Jakarta,   reporter.web.id   - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi SMKN 1 Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah, di sela kunjungan kerjanya. Ada momen menarik, yakni saat Jokowi meminjam topi sekolah milik salah satu siswa lalu memakainya.

Momen itu terjadi saat Jokowi dan siswa SMKN 1 Kedungwuni berkumpul di lapangan. Jokowi berdialog dengan para siswa.

Di tengah dialog, Jokowi merasa kepanasan. Dia pun meminjam topi sekolah salah satu siswa.

"Panas banget ya, anak-anak pakai topi enak, saya nggak pakai topi, pinjam boleh nggak?" tanya Jokowi kepada para siswa, seperti dikutip keterangan Biro Sekretariat Presiden, Rabu (13/12/2023).

"Boleh, Pak," jawab kompak para siswa yang berkumpul di lapangan.

Dari tengah kerumunan, Dika Rizki, siswa kelas 10, dengan antusias mengangkat tangannya untuk meminjamkan topi miliknya kepada Jokowi. Melihat hal tersebut, Jokowi pun memanggil Dika untuk berdiri di sampingnya.

"Saya pinjam dulu, ya," ucap Jokowi kepada Dika.

Momen tersebut menjadi sebuah cerita membanggakan bagi Dika. Dalam keterangan terpisah, Dika menuturkan bahwa dirinya sangat bangga karena topi yang biasa dipakai olehnya bisa dipakai presiden.

"Saya bangga banget, saya bangga sekali, dan terima kasih untuk Pak Jokowi karena sudah mau pakai topi saya, terima kasih, Pak," ungkapnya dengan haru.

Dika mengaku tidak terpikirkan sebelumnya untuk meminjamkan topinya kepada Jokowi. Akhirnya, dengan penuh keyakinan, Dika memutuskan menghampiri Jokowi.

"Saya sangat nge-fans dengan beliau. Saya akhirnya mutusin, buat berani nggak berani, saya berani maju buat ketemu beliau, karena saya mengidolakan beliau dari lima tahun yang lalu," imbuhnya.

Ditanya mengenai alasan mengidolakan, Dika menilai bahwa Jokowi merupakan sosok inspiratif yang memiliki jiwa kepemimpinan serta kinerja yang bagus. "Beliau itu bisa menyembunyikan capeknya di balik senyumnya, jadi saya sangat terinspirasi lewat kinerja beliau,"ungkapnya.

Jokowi Tinjau Pembelajaran SMKN 1 Kedungwuni

Jokowi meninjau SMKN 1 Kedungwuni untuk mengetahui proses pembelajaran. Jokowi menghampiri sejumlah kelas, di antaranya kelas jurusan teknik permesinan, teknik kendaraan ringan, hingga teknik komputer jaringan (TKJ). Jokowi pun tampak berbincang dengan sejumlah siswa.

Muhammad Faid Hasan, siswa kelas 12 jurusan teknik kendaraan ringan, mengungkapkan tidak menyangka jika sekolahnya bisa dikunjungi presiden. Faid pun menyampaikan Jokowi mengapresiasi peralatan pendukung pembelajaran yang dimiliki oleh sekolahnya.

"(Responsnya) cukup baik, Mas--sangat baik malah--karena sekolahan punya alat yang bagus," ungkap Faid.

Senada, Rino Sukarno, Kepala Kompetensi Jurusan Teknik Permesinan SMKN 1 Kedungwuni menuturkan bahwa Jokowi mendorong agar peralatan yang dimiliki sekolah untuk kegiatan pembelajaran untuk terus dikembangkan lagi.

"Pak Presiden mengatakan bagus, bisa dikembangkan lagi," ujar Rino.

Sementara itu, dalam dialognya bersama para siswa usai peninjauan, Jokowi berpesan agar seluruh siswa dapat belajar dengan giat untuk masa depan yang baik. "Anak-anak belajar semua ya, yang giat agar masa depan anak-anak semuanya masa depan yang baik," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi pun mengatakan akan memberikan bantuan mobil listrik bagi jurusan otomotif di sekolah tersebut untuk mendukung kegiatan praktik pembelajaran.

"Untuk yang jurusan otomotif nanti saya belikan mobil listrik ya. Saya kirim hari ini atau maksimal besok pagi sudah saya kirim," ujarnya.(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini