Breaking News

Kunjungi Pasar Jamu Nguter Sukoharjo, Ganjar Janji Perluas Pasar Ekspor Produk Herbal RI

 


Sukoharjo,    reporter.web.id   - Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menjanjikan perluasan pangsa pasar ekspor bagi para UMKM atau produsen produk herbal Indonesia. Ia juga menyatakan siap memberikan kemudahan terkait proses perizinan bagi mereka, termasuk perizinan dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). 

Pernyataan itu disampaikan Ganjar saat bertemu dengan para pedagang di Pasar Jamu Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, dalam rangkaian kegiatan safari politiknya, Selasa, 26 Desember 2023. Sembari menyapa para pedagang, Ganjar juga mengunjungi beberapa kios dan membeli jamu atau rempah bahan jamu seperti kencur, jahe, temulawak dan lainnya.

Kepada Ganjar, sejumlah pedagang pun sempat mengeluhkan sulitnya mengurus perizinan, khususnya di BPOM. Mereka mengharapkan agar pemerintah bisa memberikan pendampingan dan kemudahan perizinan.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengemukakan Pasar Jamu Nguter merupakan pasar jamu terbesar dan terlengkap di Indonesia. 

"Ini satu-satunya pasar jamu yang ada di Indonesia. Lengkap sekali, ada banyak produk herbal yang dijual. Tadi saya minum jamu jahe dan temulawak," ujar Ganjar.

Ia menuturkan di pasar tersebut juga telah didirikan koperasi yang beranggotakan tidak hanya dari kalangan pedagang jamunya tapi juga dari pertanian atau petani penghasil rempahnya, pengolahan, hingga distribusi jamu tersebut. 

"Banyak juga anggota koperasi yang sudah ekspor produk herbal ke beberapa negara seperti Taiwan, India, Singapura dan lainnya," ungkap dia. 

Menurut Ganjar, jamu dan produk herbal Indonesia sudah diminati banyak masyarakat dunia. Ia menyebut beragam produk herbal Indonesia sangat laku keras di pasar dunia dan banyak yang kesulitan mendapatkannya.

"Maka ke depan kita harus luaskan ekspansi ekspor produk herbal kita dengan memanfaatkan para duta besar kita di dunia," katanya. 

Ia mengatakan bakal mendorong kantor kedutaan Indonesia di berbagai negara di dunia agar bisa menjadi outlet dan mengangkat merek-merek jamu atau produk herbal Indonesia. 

"Kita dorong kantor kedutaan bisa menjadi outlet dan membranding jamu serta produk herbal di negara masing-masing. Biar kita jadi pusat herbal dunia," ucap dia. 

Para pedagang di Pasar Jamu Nguter sendiri antusias menyambut kedatangan Ganjar. Selain bersalaman atau mengajak foto bersama, banyak dari mereka juga berlomba menawarkan produk jamu yang dijualnya kepada Ganjar. Bahkan ada pedagang yang menawari Ganjar jamu sehat lelaki. Jamu bermerk Jamu Kuat Lelaki cap Kuda Laut itu ditawarkan ke Ganjar agar ia kuat. 

"Pak ini ada jamu kuat lelaki, biar bapak setrong. Kan bapak keliling terus satu Indonesia, biar kuat, pak," teriak pedagang lainnya.

Ganjar pun menerima jamu itu sembari bertanya. "Berapa harganya?"

"Dua ratus ribu saja pak, isinya 20 kapsul," kata ibu pedagang.

"Wah kok larang (mahal)," kata Ganjar sembari merogoh kantong celananya. Dua lembar seratus ribuan diberikan kepada penjualnya.

Ketua Koperasi Jamu Indonesia, Murtejo menyambut positif janji Ganjar yang bakal memberikan kemudahan bagi para pedagang jamu terkait perizinan, jika terpilih sebagai presiden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) nanti. 

"Tentu kami sangat senang mendengar itu, Pak Ganjar datang memberikan solusi atas persoalan yang dialami pelaku industri jamu di Sukoharjo ini. Harapannya ke depan perizinan dimudahkan dan ekspor ditingkatkan," ucapnya.

Murtejo menuturkan produk jamu dan herbal Indonesia, termasuk yang dijual di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo tersebut banyak disukai wisatawan. Tak terkecuali turis asing yang datang ke kabupaten berjuluk Kota Makmur itu. 

Ia mengungkap bahkan banyak dari para turis asing tersebut yang berharap produk jamu Indonesia tersedia di negara asal mereka. 

"Ada dari Amerika, Jerman, Jepang, Korea dan lainnya. Mereka sangat suka produk herbal kita, tapi sayang pasar kita di negara-negara itu belum ada. Maka kalau tadi pak Ganjar siap membuka pasar di dunia dan menjadikan Indonesia sebagai pusat herbal dunia, ini tentu kabar yang sangat menyenangkan," ucapnya.(red.tim) 



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini