Breaking News

Gaya Gibran Blusukan di Jakarta saat Akhir Pekan

 


Jakarta,   reporter.web.id    - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, melakukan blusukan di Jakarta akhir pekan kemarin. Sejumlah lokasi di pusat Jakarta disambangi Gibran.

Gibran memulai aktivitasnya di Jakarta dengan berolahraga di car free day (CFD) pada Minggu (3/12) pagi. Gibran membagikan susu untuk warga. Gibran mulanya berjalan kaki dari kawasan Sarinah hingga Bundaran HI. Gibran tampak didampingi istrinya Selvi Ananda.

Sesampainya di Bundaran HI Gibran terlihat membagikan susu kepada anak kecil hingga masyarakat lainnya yang tengah berolahraga. Warga pun antusias menerima susu dari putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. Satu per satu warga mengantre untuk mendapatkan susu tersebut.

"Terima kasih banyak Mas Gibran susunya," kata warga setelah mendapatkan susu dari Gibran.

Dalam kegiatan, Gibran juga terlihat menyapa beberapa warga yang tengah berolahraga. Gibran melihat komunitas parkur, pertunjukan live music, hingga mendatangi dan berbincang dengan beberapa pedagang.

Tampak hadir mendampingi Gibran sejumlah politikus seperti Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, politikus PAN Sigit Purnomo Syamsuddin atau Pasha Ungu, Zita Anjani, Uya Kuya, serta Waketum Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Bantah Sedang Lakukan Kampanye
Kawasan CFD diketahui telah disepakati untuk bebas dari kampanye politik. Gibran menegaskan kegiatan pada Minggu (3/12) kemarin bukanlah kampanye.

"Kan tanpa alat peraga kampanye, ini kosong dan kita kan nggak melakukan pengajakan untuk pencoblosan atau apa kan nggak," kata Gibran di Bundaran HI, Minggu (3/12).

Gibran mengatakan alasan dirinya juga membagikan susu di CFD. Dia menyebut bagi-bagi susu juga menjadi bagian dari programnya.

"Ya kita pilih lokasi yang paling dekat saja dan paling banyak massanya. Ya itu kami salah satu dari program kami kan ada program makan siang dan susu gratis," imbuhnya.

Blusukan ke Pasar Rawasari
Gibran lalu melanjutkan blusukannya ke Pasar Rawasari, Jakarta Pusat. Di lokasi itu Gibran dihampiri seorang ibu-ibu bernama Sonya (50) yang mengaku sebagai pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) 2 periode.

Mulanya Gibran mendatangi satu per satu kios pedagang yang ada di sana. Tiba-tiba, Sonya datang menghampiri Gibran dan bertanya terkait program kerjanya.

"Saya perlu tahu dulu programnya untuk mendukung Mas Gibran. Saya pendukung Pak Jokowi dua periode," kata Sonya bertanya kepada Gibran.

Gibran pun menjawab pertanyaan Sonya dengan membeberkan sejumlah program kerja dan visi misi dirinya bersama pasangannya, Prabowo Subianto. Mulai dari Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk lansia hingga kredit mudah untuk generasi milenial.

"KIS Lansia, dana abadi pesantren, untuk ibu anak ada kartu anak sehat, makan anak gratis di sekolah, terus kredit kaum milenial untuk anak-anak muda kreditnya kita permudah, pesantren. Untuk sementara itu, banyak," jawab Gibran.

Kembali ke Sonya, dia mengatakan harus tahu terlebih dahulu program kerja Gibran meskipun dirinya pro Jokowi dua periode. Sebab, kata Sonya, program kerja paslon akan berdampak pada masyarakat nantinya.

"Saya masih melihat dulu soalnya dia terlalu muda, maaf dia terlalu muda buat saya. Saya minta program dia saya mau tahu visi-misi nya apa untuk masyarakat," kata dia.

"Visi-misi dia harus jelas dulu untuk masyarakat, karena saya harus tahu, masyarakat banyak dan banyak orang-orang sudah, banyak sekali," sambung Sonya.

Cek Harga Bahan Pokok
Gibran blusukan didampingi istrinya Selvi Ananda. Gibran dan Selvi membeli beberapa bahan pokok mulai dari sayuran hingga cabai.

"Tadi kita cek beberapa harga ya terutama cabai ya, agak naik. Tadi kita belanja beberapa ini juga buah-buahan sayur, dan lain-lain. Tapi yang paling menonjol itu cabai ya, cabai agak mahal di Rp 95 ribu mungkin akhir-akhir tahun ya," kata Gibran kepada wartawan di lokasi.

Gibran mengatakan kenaikan harga bahan pokok memang kerap terjadi saat penghujung tahun. Dia meminta masyarakat untuk turut serta berbelanja di pasar tradisional untuk membantu perekonomian para pedagang.

"Tapi yang jelas, karena ini sudah mendekati akhir tahun, kita dorong semua warga untuk belanja di pasar tradisional, kita ramein dan tadi kita lihat ini sudah jam 10.00 WIB tapi antusias warga luar biasa sekali," ujarnya.

Gibran kemudian ditanya oleh emak-emak soal cara menstabilkan harga bahan pokok. Wali Kota Solo itu mengatakan harga bahan pokok jelang tahun memang cenderung naik. Dia berharap turun lagi di awal tahun.

"Akhir tahun kan emang harganya lagi naik semua ini, mudah-mudahan awal tahun sudah stabil ya, ini dari sisi konsumen ini," ucapnya.(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini