Breaking News

Bayar Tol Tanpa Henti Uji Coba di Bali Mandara Hari Ini

 


Jakarta,    reporter.web.id   -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan PT Roatex Indonesia Toll System atau RITS mulai menjalankan uji coba sistem bayar tol tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) hari ini. Uji coba ini dilakukan di Jalan Tol Bali Mandara.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah menjelaskan, tidak semua gerbang Tol Bali Mandara yang diujicoba tetapi hanya satu gerbang tol khusus yang akan digunakan uji coba bayar tol tanpa henti. Aspek penggunaan teknologi yang bakal bakal menjadi fokus dalam uji coba saat ini.

"Teknologinya kan nggak bisa langsung was was wes, kita lihat kan karakteristik lalu lintas di kita kan mungkin berbeda, di berbagai negara sudah pernah dicoba," kata Zainal dikutip Selasa (12/12/2023).

"Sebenarnya yang diuji coba gini, kalau ada mobil lewat dia terbuka nggak, atau mobil yang tidak punya eligible bisa terbuka tidak. Nah, itu aja. makanya diuji coba di satu lane," imbuhnya.

Pada masa uji coba ini, bakal diterapkan bagi golongan kendaraan tertentu lebih dahulu. Namun, pada penerapan reguler nantinya akan diterapkan pada semua golongan kendaraan.

Berkaca pada penerapan di negara lain, kata Zainal, memang ada penerapan MLFF bagi kendaraan golongan tertentu. Kendati begitu, hal tersebut mengacu pasa kebijakan masing-masing negara.

"Uji cobanya mungkin iya (terbatas), tapi nantinya enggak. Tapi di negara-negara lain memang ada sistem yang hanya digunakan untuk kendaraan tertentu, logistik misalkan, hanya truk-truk besar, truk-truk logistik yang menggunakan sistem tertentu, sementara yang lain gak, macam-macam (jenis penerapannya), di dunia itu macam-macam," urainya.(red.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini