Breaking News

Surabaya Bangun 6 Rumah Pompa-200 Saluran Lingkungan Jelang Musim Hujan

  


Surabaya,    reporter.web.id     - Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya kebut pengerjaan rumah pompa hingga saluran air di lingkungan permukiman warga. Hal ini mengantisipasi genangan dan banjir yang masih muncul saat musim hujan tiba.

Kabid Drainase DSDABM Surabaya, Windo Gusman Prasetyo menyebut ada 6 rumah pompa yang sedang dikebut hingga akhir tahun 2023. Selain itu ada lebih 200 saluran lingkungan yang sedang digarap.

Windo mengatakan pelaksanaan pembangunan dan persiapan musim hujan awal tahun mulai melakukan normalisasi saluran hingga pengambilan sedimen. Selain normalisasi saluran, juga dilakukan di saluran besar, primer, sekunder, tersier hingga beberapa saluran pemukiman menggunakan alat berat dan satgas.

Dengan sedimen yang sudah dinormalisasi, diharapkan bisa mengalirkan air hujan, agar tidak ada genangan saat musim hujan. DSDABM juga melakukan pembangunan rumah pompa dan drainase.

"Jadi kita tahun ini membangun 6 rumah pompa dan lebih dari ratusan saluran drainase yang kita bangun. Ada 60 saluran yang menjadi prioritas untuk pembangunan saluran. Ada 200 lebih pembangunan saluran lingkungan," kata Windo saat dihubungi detikJatim, Selasa (7/11/2023).

6 Rumah pompa yang sedang dalam pembangunan adalah Rumah Pompa Merr, Undaan, Gresikan, Bulak, Kebraon dan Bozem Aquatic. Pihaknya mengebut pengerjaan dan target selesai semua pada Desember 2023.

Pembangunan 6 rumah pompa ini tujuannya untuk memecah aliran air agar tidak menumpuk di satu titik pembuangan air. Sehingga tidak menimbulkan genangan maupun banjir saat hujan turun dengan durasi lama dan intensitas lebat.

Ia mencontohkan Rumah Pompa Undaan. Itu untuk alirannya yang nantinya menuju rumah pompa Tambak Wedi di daerah timur dan utara.

"Dengan casement area drainase cukup luas, kita membagi pengaliran. Harapannya di wilayah Undaan, Kalianyar, Kalisari dan lainnya bisa mengalir ke Rumah Pompa Undaan dan Rumah Pompa Kalimas," jelasnya.(red.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini