Breaking News

Polda Jatim Siapkan Strategi Konsep Pengamanan Sambut Persiapan Piala Dunia U-17

    


reporter.web.id   - Mengingat Surabaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 Polda Jatim siapkan beberapa strategi konsep pengamanan. Rangkaian kegiatan untuk mengamankan gelaran Piala Dunia U-17 akan dilaksanakan dari tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023, dengan tujuan supaya aktivitas masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Gelora Bung Tomo (GBT)  menjadi pilihan tempat pembukaan Piala Dunia U-17 dengan fasilitas dan infrastruktur yang baik namun, akses jalan menuju Gelora Bung Tomo ini sangat terbatas. Oleh karena itu Polda Jatim beserta jajaran pemerintahan membuat konsep pengamanan yaitu dengan sedikit polarisasi rekayasa arus lalu lintas dan juga pengalihan-pengalihan arus lalu lintas.

“Kita telah menyiapkan strategi konsep pengamanan yang sedemikian rupa. Konsep umumnya adalah aktivitas masyarakat harus tetap berjalan, tentu ada sedikit polarisasi seperti rekayasa arus lalu lintas kemudian juga pengalihan-pengalihan dan juga sekaligus kami menghimbau ya ke panitia dan juga pemerintah setempat kita telah berupaya semaksimal mungkin,” kata Kombes Pol Komarudin Dirlantas Polda Jatim saat mengudara di Radio Suara Surabaya FM 100, Selasa (7/11/2023).

Guna mengatasi eforia masyarakat juga keterbatasan jalan dan tempat parkir untuk menyaksikan Piala Dunia U-17 secara langsung Polda Jatim dan Pemerintah telah siapkan strategi dengan menyiapkan 4 shelter yaitu 4 pemberangkatan dan penjemputan menggunakan bis atau kendaraan umum yang telah disiapkan.

“Oleh karenanya kami menyiapkan beberapa konsep di antaranya dengan pemerintah daerah tempat juga kita telah menyiapkan 4 shelter, 4 tempat pemberangkatan ataupun penjemputan nanti dengan menggunakan bis menggunakan tempat ataupun shelter-shelter yang telah kita, tidak perlu jalan jauh-jauh dan harus bermacet-macetan di sana tapi cukup datang naik bis sampai langsung bisa nonton, pulangnya dianterin lagi sampai ke shelter yang sudah disiapkan” ujarnya.

Adapun 6 titik yang bisa digunakan untuk mengakses kendaraan umum untuk menuju ke GBT antara lain yaitu, di Balai Kota, terminal Joyoboyo, terminal Tambak Osowilangun, di Ciwo, dua tempat terminal Benowo, dan terakhir di Tandes.

Komarudin menyarankan supaya masyarakat lebih baik menggunakan kendaraan umum yang telah disediakan untuk menghindari dan mengatasi kemacetan dalam serangkaian acara Piala Dunia di GBT.

“Jadi masyarakat cukup datang ke sana dan akan diangkut menggunakan bis ke Gelora Bung Tomo termasuk pulangnya pun akan diantarkan kembali ke terminal jadi bisa mengambil kendaraannya atau kami juga menyarankan silahkan menggunakan transportasi umum transportasi umum menuju ke 6 titik yang tadi,” ujarnya

Adapun konsep operasi Bacuya, Polda Jatim menggelar Latihan Operasi Aman Bacuya 2023 untuk tingkatkan kemampuan personel dalam pengamanan Piala Dunia U-17 di Gedung Mahameru, Mapolda Jatim. Latihan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mengamankan gelaran Piala Dunia U-17 yang dilaksanakan dari tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023.

Sebagai informasi Polda Jatim telah menyiagakan 3.393 personel untuk mengamankan gelaran Piala Dunia U-17. Yang mana opening ceremony akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jatim, 10 November 2023 mendatang.

Kombes Pol Komarudin Dirlantas Polda Jatim juga menghimbau para warga Surabaya untuk ikut bergembira dalam mensukseskan event berkelas internasional ini.

“upaya ikut bergembira menjadi tuhan rumah yang baik betul bahasa-bahasa kepercayaan dunia kepada Surabaya ini kita jadikan sebagai kata kunci ya artinya bahwa tidak sembarangan event-event sekelas kaliber internasional diselenggarakan di wilayah kita dan ini merupakan sebuah kehormatan kebahagiaan, kegembiraan kita untuk menyambut dan tentunya ikut mensukseskan kewajiban kita warga Surabaya khususnya kita akan sama-sama mensukseskan pagelaran event internasional berkelas FIFA,” ujarnya.(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini