Breaking News

Penampakan Toilet Setengah Miliar Rupiah di SMPN 1 Bungoro Pangkep

 


Pangkep,    reporter.web.id    - SMP Negeri 1 Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah membangun toilet seharga Rp 495,2 juta. Toilet itu juga dibuat khusus untuk penyandang disabilitas.

Toilet tersebut masih dalam tahap pengerjaan. Toilet tersebut dibangun di dalam kawasan SMPN 1 Bungoro.

Toilet itu memiliki tiga bilik dalam satu bangunan. Bangunannya dicat berwarna biru yang dindingnya dikombinasikan dengan pemasangan keramik.

Terlihat ada dua anak tangga yang menghubungkan ke pintu masuk toilet. Di dalam toilet terlihat masih ada tumpukan semen.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pangkep Sabrun Jamil menuturkan toilet masih dikerjakan. Dia menargetkan toilet tersebut rampung Desember 2023.

"Masih tahap pengerjaan. Kalau tidak salah kontranya sampai Desember," kata Sabrun.

Sabrun menuturkan toilet tersebut dibangun untuk 3 unit. Di mana tiap unit ada untuk siswa laki, khusus perempuan, dan lainnya untuk penyandang disabilitas.

"Ada tiga titik, masing-masing unit itu ada toilet untuk pria, toilet untuk wanita, toilet untuk penyandang disabilitas, ruang ganti, terus wastafel," tuturnya.

Dia menambahkan pembangunan toilet ini sesuai dengan regulasi. Pelaksanaannya disesuaikan dengan petunjuk teknis (juknis).

"Jadi dana hampir Rp 500 juta itu terdiri dari 3 paket. Jadi juknisnya ada, juknis yang mengatur pembangunan toilet itu," tegas Sabrun.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan toilet di SMPN 1 Bungoro menelan anggaran Rp 495.228.000. Anggaran itu dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

"Alokasi pagunya ini paket ditentukan oleh pusat karena ini adalah DAK," ujar Sabrun dalam keterangannya.

Sabrun mengklaim pembangunan toilet itu sudah sesuai dengan regulasi. Pihaknya mengikuti petunjuk yang dikeluarkan Kemendikbudristek.

"Untuk detailnya itu ada dijuknis yang dikeluarkan oleh kementerian," imbuhnya.(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini