Breaking News

Pemkab Kediri Kenalkan Batik Melalui Event 'Kediri Fashion Batik Festival 2023'

 


 reporter.web.id  - Sepertinya Kabupaten Kediri tengah berusaha meningkatkan branding daerahnya. Akhir-akhir ini berbagai acara besar diadakan di kabupaten yang dijuluki Bumi Panjalu itu. Salah satunya adalah festival.

Dikutip dari Antara, Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tengah berupaya meningkatkan potensi kain batik daerahnya dengan menggelar peragaan busana batik. Pagelaran itu bertajuk 'Kediri Fashion Batik Festival 2023', yang disingkat KFBF.

Tutik Purwaningsih, Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Kediri, mengungkapkan pagelaran besar itu merupakan wujud kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Kediri, Dekranasda, Industri Kecil dan Menengah (IKM), serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah kabupaten.

"Pembatik asal Kabupaten Kediri ini luar biasa, secara riil antara 200-250 orang. Kami ingin mengangkat potensi itu, pembatik bisa berkreasi sesuai dengan potensinya masing-masing," kata Tutik pada Sabtu (11/11) dikutip Antara.

Sebetulnya, ada banyak motif batik di Kabupaten Kediri. Namun, masih dua motif yang dipatenkan, yakni motif gringsing dan lidah api.

Kini, telah lahir motif-motif baru dan kekinian yang menonjolkan ciri khas Kabupaten Kediri. Misalnya, ada motif buah-buahan seperti buah nanas dan mangga serta motif-motif baru lainnya.

Tutik juga melanjutkan Kediri Fashion Batik Festival merupakan gabungan antara dua konsep dengan dua makna dan tujuan.

Harapannya, konsep ini dapat menjadi penyemangat IKM dan UKM dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui kreativitas kearifan lokal Kabupaten Kediri.

Ditambah, dunia fashion terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan menjadi salah satu indikator pertumbuhan ekonomi.

Pihaknya juga melihat suatu potensi besar dengan ini memberikan terus pembinaan dari berbagai lini yang salah satunya adalah memproduksi produk – produk yang memiliki nilai ekonomi yang baik.

“Potensi batik luar biasa, coraknya juga macam-macam. Batik setiap saat bisa dibuat dengan corak beragam. Dalam kegiatan ini ditampilkan pakaian kerja, yang bisa menjadi inspirasi untuk baju kantor dan lainnya,” ujarnya dikutip Antara.(red.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini