Breaking News

Hasil MotoGP Malaysia 2023: Bastianini Diam-diam Mematikan dan Juara!

 


Jakarta,    reporter.web.id     - Seri ke-18 MotoGP 2023 sudah digelar pada Minggu (12/11/23) di Petronas Sepang International Circuit, Malaysia. Di depan 182.912 penonton yang hadir langsung di MotoGP Malaysia ini, Enea Bastianini keluar sebagai juara, disusul oleh Alex Marquez, dan Francesco 'Pecco' Bagnaia.

Sebelum Bastianini mengangkat trofi juara MotoGP Malaysia 2023, pertarungan antarpebalap berlangsung seru. Lantas bagaimana jalannya balap dan seperti apa hasil MotoGP Malaysia 2023? Simak ulasan berikut ini!

Sirkuit Sepang selalu menjadi panggung yang menarik untuk menyaksikan para pebalap bertarung. Punya karakter yang kencang, sirkuit ini menyambut Pecco Bagnaia cs dengan suhu trek 47 derajat celcius dan suhu udara tembus 33 derajat celcius. Kondisi yang panas ini juga membuat para pebalap semuanya tercatat menggunakan ban kompon medium-medium.

Lembab dan panasnya cuaca di Malaysia tak membuat mental pebalap MotoGP surut. Beberapa menit sebelum balapan dimulai, Pecco Bagnaia sudah bersiap di posisi terdepan grid. Di belakangnya ada Jorge Martin dan Enea Bastianini. Di posisi keempat grid start ada Alex Marquez yang ambisius pasca memenangkan Sprint Race. Sementara itu di urutan kelima dan keenam start ada Luca Marini serta Marco Bezzecchi.

Gaspol! Begitu lampu merah padam, pertarungan dimulai. Starting grid yang tadinya disusun rapi, langsung mengacak urutannya. Jorge Martin memulai balap dengan sangat baik dan mencuri holeshot. Namun ketika belok kanan tikungan pertama, pebalap asal Spanyol ini justru melebar.

Melebarnya Martin membuat kocokan langsung berubah. Enea Bastianini yang sejak awal tampil apik mengamankan posisi terdepan. Sementara Pecco Bagnaia mengarungi lap pertama di urutan ketiga. Siapa yang mengisi posisi kedua di lap pertama? Dia adalah Alex Marquez yang tampil agresif sejak awal.

Pada awal balap, pertarungan panas terjadi bukan untuk memperebutkan posisi terdepan, melainkan untuk mencari posisi ketiga. Yap! Sengit sekali antara Pecco Bagnaia dan Jorge Martin. Beberapa kali dua pebalap ini bersenggolan dan saling serang. Namun hingga lap kelima, Pecco masih anteng mengamankan posisi ketiga.

Jarak antara pebalap terdepan tak lebih dari 1,5 detik. Sehingga kesalahan kecil dapat membuat pebalap kehilangan posisi. Tak heran hingga pertengahan balap alias lap ke-10, mayoritas pebalap urutan terdepan bermain defensif dengan Enea Bastianini yang memimpin rombongan.

Hingga lap ke-10 pula, tercatat Fabio Quartararo jadi satu-satunya pebalap dengan motor asal Jepang yang menghuni 10 besar. Sementara wakil motor Jepang lainnya, Joan Mir, justru crash di lap kelima tikungan keempat. Selain Mir, Miguel Oliveira juga harus menyelesaikan balap lebih dulu, sebab crash di lap keenam dan Aleix Espargaro crash saat lap kesembilan dan di tikungan ke-9 yang terkenal angker.

Memasuki setengah kedua balap, tensi pertarungan mulai meningkat. Meski terjadi gap yang cukup jauh antara rombongan terdepan dan urutan lima ke bawah, namun aksi saling serang terlihat antara Brad Binder dan Fabio Di Giannantonio yang rebutan posisi kedelapan. Selain itu, pada lap ke-11 ini Fabio Quartararo tampak terus mencari celah untuk menyalip Jack Miller yang tampil apik mengamankan posisi keenam.

Masuk lap ke-12, Jorge Martin tampak mulai kendor. Terlihat gap-nya dengan Pecco Bagnaia terus merosot hingga tembus 2,2 detik. Di lap ini, pertarungan justru seru antara Franco Morbidelli dan Luca Marini. Hingga Morbidelli yang tampil lebih perkasa dan mengikuti jejak rekan setimnya untuk membawa nama Yamaha masuk ke 10 besar.

Berhasilnya Morbidelli masuk ke urutan 10 besar rasanya membawa angin segar bagi Quartararo. Terbukti, pada lap ke-13, pebalap asal Prancis ini berhasil memecahkan strategi bertahan yang dijalankan Miller dan masuk ke urutan enam.

Beberapa saat kemudian saat duo Yamaha menunjukkan tajinya, pebalap tim satelit Honda justru crash di tikungan yang sama dengan pebalap pabrikannya. Pada lap ke-14, Takaaki Nakagami kehilangan kontrol motornya dan low side di tikungan kesembilan. Namun pebalap asal Jepang ini tetap melanjutkan balap. Sebelum Nakagami crash, Brad Binder juga harus menyelesaikan balap lebih dulu lantaran crash di sektor 3 lap ke-13.

Quartararo mengamuk di lap 15. Pebalap andalan Yamaha ini menunjukkan kepada murid Valentino Rossi, Marco Bezzecchi, bagaimana cara menikung yang efektif. Dirinya berhasil mencuri tempat Bezzecchi yang sempat nyaman di posisi kelima.

Saat balapan tersisa tiga lap lagi, posisi podium sudah terkunci. Enea Bastianini yang mengamankan posisi terdepan sejak awal nyatanya tak terkalahkan. Alex Marquez pun yang berada di urutan kedua, dengan apik berhasil menjaga pace-nya sehingga tak terkejar oleh Pecco Bagnaia.

Sementara Jorge Martin, seperti kehabisan stamina dan membuat jarak hingga 6,2 detik dengan Pecco Bagnaia. Di belakang Martin ada Fabio Quartararo yang tampil gemilang, disusul oleh Marco Bezzecchi dan secara mengejutkan ada Franco Morbidelli. Berikut hasil lengkap MotoGP Malaysia 2023:

Hasil MotoGP Malaysia 2023
1. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23)
2. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
3. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
4. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
5. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
6. Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
7. Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
8. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
9. Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
10. Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
11. Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP23)
12. Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
13. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
14. Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)
15. Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)
16. Iker Lecuona SPA LCR Honda (RC213V)
17. Alvaro Bautista SPA Aruba.It Ducati (GP23)
18. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

DNF
Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP23)
Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)
Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
(red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini