Breaking News

Elektabilitas Anies-Ganjar-Prabowo di 4 Survei Terakhir

 


Jakarta,     reporter.web.id     - Sejumlah lembaga survei merilis perolehan suara bagi tiga bakal calon presiden Indonesia. Lalu, siapa yang meraih suara tertinggi?

Dirangkum detikcom, Minggu (12/11/2023), bakal calon presiden Prabowo Subianto tercatat mendapatkan suara terbanyak. Perolehan itu didapat dari hasil survei empat lembagai survei yang telah dibuka kepada publik.

Survei Indo Barometer
Indo Barometer merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas bacapres dalam Pilpres 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto unggul dari bacapres lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dilihat detikcom, Sabtu (11/11), survei nasional dilakukan Indo Barometer pada 25-31 Oktober 2023. Survei dilaksanakan di 38 provinsi dengan jumlah sampel sebanyak 1.230 responden, dengan margin of error sebesar + 2,79% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden survei adalah warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu minimal berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Simulasi 3 nama capres menggunakan pertanyaan tertutup. Hasilnya Prabowo Subianto memimpin dengan suara sebesar 35,8%. Di posisi kedua ada Ganjar Pranowo 26,0%, lalu disusul Anies Baswedan 18,5%. Responden yang menyatakan tidak akan memilih/rahasia/belum memutuskan/tidak tahu/tidak menjawab berjumlah 19,7%.

Pada simulasi head to head, Prabowo Subianto juga lebih unggul dibandingkan Ganjar Pranowo. Anies Baswedan sendiri memperoleh persentase lebih rendah ketika dihadapkan dengan Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo. Berikut hasilnya:

-Ganjar Pranowo 35,2%
-Anies Baswedan 23,2%
-Prabowo Subianto 40,6%
-Ganjar Pranowo 27,5%
-Prabowo Subianto 45,3%
-Anies Baswedan 20,7%

Hasil Head to Head Capres dari Survei PWS
Lembaga survei Political Weather Station (PWS) merilis simulasi head to head pasangan capres. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming 52,1% dari Ganjar Pranowo-Mahfud Md 41,5%.

Survei dilakukan pada 1 hingga 8 November 2023 terhadap 1.220 responden. Survei dilakukan melalui tatap muka. Populasi survei adalah warga negara yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun dan atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error survei ±2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Riset PWS Sharazani mengatakan Prabowo-Gibran jika head to head lawan Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin. Sementara itu, Jika yang lolos putaran dua adalah pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin, maka hasilnya Ganjar-Mahfud menang.

"PWS membuat simulasi head to head atau simulasi Pilpres masuk putaran kedua, elektabilitas Prabowo-Gibran semakin jauh meninggalkan Ganjar-Mahfud maupun Anies-Cak Imin. Saat PWS mengajukan pertanyaan kepada responden seandainya Pilpres putaran kedua berlangsung saat ini dan diikuti oleh pasangan Prabowo-Gibran dan Ganjar Mahfud, pasangan manakah yang dipilih, ternyata 52,1% menyatakan akan memilih Prabowo-Gibran. Pasangan Ganjar-Mahfud hanya dipilih oleh 41,5% responden alias terpaut 10,6% dari Prabowo-Gibran. Hanya 6,4% responden yang masih belum mengambil keputusan," kata Sharazani, Jumat (10/11).

Berikut simulasi head to head survei PWS:

- Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 52,1%
- Ganjar Pranowo-Mahfud Md 41,5%
- Tidak tahu/tidak jawab 6,4%

- Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 58,5%
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 30,2%
- Tidak tahu/tidak jawab 11,3%

- Ganjar Pranowo-Mahfud Md 49,2%
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 43,5%
- Tidak tahu/tidak jawab 7,3%

Prabowo Juga Teratas di Hasil Survei Poltracking
Lembaga survei Poltracking juga merilis simulasi dua pasangan capres-cawapres atau head to head di Pemilu 2024. Bakal pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengungguli Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Survei dilakukan pada 28 Oktober-3 November 2023 terhadap 1.220 responden. Survei dilakukan melalui tatap muka. Populasi survei adalah warga negara yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error survei ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda memaparkan pasangan Ganjar-Mahfud unggul jika hanya melawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Sementara Prabowo-Gibran unggul baik itu melawan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md maupun Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Yang pertama kita asumsikan Anies-Muhaimin berhadapan dengan Ganjar-Mahfud, Prabowo gagal di putaran pertama, maka petanya Ganjar-Mahfud 40,9%, Anies-Muhaimin 33,1%, tapi yang tidak tahu tidak jawabnya sangat tinggi 26%," kata Hanta dalam pemaparannya, Jumat (10/11).

"Yang kedua, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berhadapan dengan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, perolehannya 55,8% Prabowo-Gibran, Anies-Cak Imin 28,8%. Simulasi ketiga Prabowo-Gibran 49,9%, Ganjar-Mahfud 32,9%," imbuhnya.

Responden diberi pertanyaan: Jika Pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Bapak/Ibu pilih di antara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden berikut?

Simulasi 1

-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 40,9%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 33,1%

Tidak tahu/tidak jawab 26%

Simulasi 2

-Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 55,8%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 28,8%

Tidak tahu/tidak jawab 15,4%

Simulasi 3

-Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 49,9%
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 32,9%

Tidak tahu/tidak jawab 17,2%

Hasil Survei Populi Center
Lembaga Survei Populi Center merilis survei terbaru, salah satunya terkait elektabilitas tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024. Survei menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding pasangan lainnya.

Survei dilakukan pada 29 Oktober hingga 5 November 2023 terhadap 1.200 responden. Survei dilakukan melalui tatap muka dengan aplikasi Populi Center.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati memaparkan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul, berada di angka 43,1 persen. Sementara itu, elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebesar 23 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,3 persen

"Sebesar 43,1 persen publik memilih Prabowo-Gibran, di urutan kedua Ganjar-Mahfud, di urutan ketiga Anies-Muhaimin 22,3 persen. Ini kita melihat angka yang setidaknya cukup jauh antara ranking 1 dan ranking 2. Ini merupakan pekerjaan rumah masing-masing kandidat bagaimana menjaga elektabilitas suara," kata Hartanto dalam pemaparannya di Populi Center, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (9/11).

Berikut elektabilitas 3 pasangan capres dan cawapres versi survei Populi Center:

-Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 43,1%
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 23%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,3%

Belum memutuskan 10,0%
Menolak menjawab: 1,6%

(red.al)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini