Breaking News

Arahan Kakwarda Jatim dalam Raimuna Daerah Jatim XIV Trenggalek, Cerdas Hadapi Pemilu 2024


reporter.web.id  -  Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, Arum Sabil akan menindaklanjuti usulan Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa agar Raimuna dilaksanakan tiga tahun sekali.

Menurut Arum, usulan tersebut sangat bijak dan tepat karena jika dilaksanakan tiga tahun sekali maka setiap siswa SMA akan punya kesempatan lebih besar untuk mengikuti Raimuna.

"Saat ini Raimuna kan lima tahun sekali sedangkan masa SMA itu hanya tiga tahun, jadi ada yang sempat tidak ikut Raimuna, tapi kalau dilaksanakan tiga tahun sekali semua punya kesempatan," kata Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, Arum Sabil, Jumat (17/11/2023) malam.


Usulan tersebut akan diusulkan ke tingkat nasional melalui forum Munas (Musyawarah Nasional) Pramuka tahun 2028.

Dalam kesempatan itu, Arum Sabil juga memberikan arahan kepada para penegak dan pandega Pramuka Jawa Timur untuk siap menghadapi Pemilu 2024.

Salah satunya adalah dengan tetap menjaga kerukunan dan kesatuan dalam menyongsong tahun politik sesuai dengan tema Raimuna Daerah Jatim XIV yaitu Jawi Wetan Manunggal.

"Ketika sudah mencukupi umurnya, mereka akan menjadi pemilih pemula makanya adik-adik diberikan pengetahuan dan edukasi agar menjadi pemilih yang cerdas jangan sampai menjadi pemilih yang transaksional atau ditumpangi oleh kelompok dengan kepentingan tertentu," lanjutnya.

Arum Sabil percaya latihan dan bimbingan yang diberikan oleh pembina Pramuka bisa lebih melatih untuk berpikir siapa yang akan menjadi pilihan dan harus menjadi pemimpin masa depan.

"Jadi bukan hanya latihan tali temali tapi juga dibekali dengan keilmuan di bidangnya masing-masing untuk menjadi pribadi yang produktif aktif dalam hal yang situasional," jelas Arum.


Pemilihan Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek sebagai lokasi Raimuna dijelaskan Arum Sabil juga bukan tanpa alasan 

Kondisi geografis Prigi yang merupakan perpaduan antara laut dan hutan menjadi medan baru yang akan memberikan banyak pengalaman untuk peserta Raimuna.

"Banyak yang akan dipelajari di sini, karena di Prigi juga berkembang sektor pertanian serta ikan tangkap. Ini sesuai dengan target kita lima tahun ke depan, yaitu Pramuka Jawa Timur itu adalah orang yang produktif baik di bidang peternakan pertanian dan perkebunan serta kelautan," pungkasnya.(red.al)




© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini