Breaking News

AJI Kediri Gelar Pelatihan Digital Fundamental Tools di Madiun

 


Madiun,    reporter.web.id    – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri mengadakan pelatihan alat-alat digital dasar (digital fundamental tools) bagi jurnalis di Madiun Raya pada Sabtu, 18 November 2023.

Pelatihan ini diikuti oleh 19 jurnalis dari berbagai media, termasuk media cetak, media online, dan media televisi. Selain itu, pelatihan ini juga diikuti oleh mahasiswa dari Ponorogo dan Madiun.

Ketua AJI Kediri, Danu Sukendro, mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi jurnalis di Madiun Raya. “Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan jurnalis di Madiun,” kata Danu.

Pemateri pelatihan ini adalah Adhar Muttaqin, Trainer Fundamental Tools AJI Kediri. Dalam pelatihan tersebut, Adhar menyampaikan bahwa alat-alat digital dasar adalah alat-alat yang dapat membantu jurnalis dalam menjalankan tugasnya.

Materi pelatihan yang diberikan meliputi peralatan digital atau aplikasi yang digunakan untuk mempermudah kerja jurnalis. Peserta pelatihan juga diberikan kesempatan untuk praktik menggunakan sejumlah aplikasi baik untuk melakukan wawancara hingga menulis berita.

“Digital Fundamental Tools sangat penting untuk dikuasai oleh jurnalis. Alat-alat ini dapat membantu jurnalis untuk mempermudah pekerjaan jurnalis yang dituntut untuk kerja cepat dan tepat,” katanya.

Danu berharap agar pelatihan ini dapat menjadi pemantik untuk kegiatan-kegiatan jurnalistik lainnya di Madiun. “Kami berharap agar pelatihan ini dapat menjadi pemantik untuk kegiatan-kegiatan jurnalistik lainnya di Madiun Raya. Jurnalis harus terus meningkatkan kompetensinya,” ucapnya.

Salah seorang peserta, Riyanto merasa senang bisa mendapatkan pelatihan tersebut. Baginya, materi yang diberikan trainer sangat bermanfaat karena dapat mempermudah kerjanya sebagai jurnalis.

“Saya yang sudah berumur ini tidak mau kalah dengan jurnalis muda. Saya ikut agar tidak ketinggalan,” kata Riyanto yang kini menginjak usia 45 tahun. (red.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini