Breaking News

8 Pendaftar Dewan Direksi PDAM Blitar Lolos Administrasi

 


Blitar,   reporter.web.id    – Sebanyak delapan pendaftar Dewan Direksi PDAM Kabupaten Blitar telah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Total ada 18 nama yang mendaftar namun hanya 8 nama yang dinyatakan lolos seleksi administrasi yang dijalankan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Blitar pada tanggal 2 November 2023 lalu.

Kedelapan calon Dewan Direksi PDAM Kabupaten Blitar itu pun sudah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (UKK) pada tanggal 8 November 2023 lalu.

“Pendaftarannya itu kemarin, dibuka bulan kemarin (Oktober) lewat web, itu pertama dulu dibuka sampai tanggal 16 kemudian kemudian kita perpanjang sampai 31 Oktober ternyata ada 18 pendaftar,” kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Pemkab Blitar, Moh Badrodin, Jumat (10/11/2023).

Para calon Dewan Direksi kemudian akan menjalani tes wawancara pada tanggal 16 November 2023 mendatang. Bagian Perekonomian pun meminta agar para calon mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa lolos di tahap seleksi wawancara ini.

“Kemudian ada wawancara lagi dan waktunya belum ditentukan barulah pengumuman,” ujarnya.

Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Blitar menyebut ada sejumlah syarat khusus yang harus dipenuhi oleh oleh calon Dewan Direksi PDAM. Mulai dari memiliki reputasi yang baik hingga tidak memiliki hubungan keluarga sebagai orang tua, mertua, anak, menantu, saudara kandung ipar dan suami/istri dengan direksi dan dewan pengawas yang lain.

Ada pula syarat khusus lainnya yakni Dewan Direksi terpilih nantinya wajib memiliki sertifikat manajemen air minum dari dalam maupun luar negeri. Nantinya Direksi terpilih wajib memiliki sertifikat tersebut, meski saat ini belum memiliki.

“Jadi kalau syarat sertifikasi itu kami terapkan sekarang maka jumlah peserta yang lolos cuma sedikit maka aturannya kami rubah yakni bagi direksi terpilih nanti wajib memiliki dan menyetorkan sertifikasi tersebut saat menjabat,” tegasnya.

Secara keseluruhan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Blitar ingin mencari Dewan Direksi yang memiliki kinerja dan attitude yang baik. Selain itu diharapkan proses seleksi ini bisa mencari figur-figur pemimpin yang bisa membawa PDAM Kabupaten Blitar menjadi lebih maju dan profesional lagi.

“Karena yang kita cari yang baik dan profesional, soal sertifikasi itu bisa menyusul saat sudah menjabat yang penting dia orang baik dan punya etos kerja,” tutupnya.

Pengumuman Dewan Direksi dan Pengawas PDAM Kabupaten Blitar ini akan dilakukan pada tanggal 22 November hingga 1 Desember 2023 mendatang. Pengumuman siapa saja yang terpilih bisa dilihat di website Pemerintah Kabupaten Blitar, www.blitarkab.go.id. (red.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini