Breaking News

TPN Sebut Tak Dilibatkan dalam Pembahasan Cawapres Ganjar

Jakarta, reporter.web.id -  Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden atau TPN GP mengaku tak dilibatkan dalam pembahasan soal nama bacawapres Ganjar Pranowo. Wewenang itu diserahkan kepada para ketua umum partai politik pengusung.

Wakil Ketua Koordinator TPN GP, Andika Perkasa, mengatakan penentuan nama cawapres Ganjar bukan ranah TPN. "Enggak sama sekali. Enggak pernah kami membahas calon wakil presiden," kata AndikaJumat, 13 Oktober 2023.

Andika mengaku dalam rapat keenam TPN pada Rabu, 11 Oktober 2023, ada yang menanyakan ihwal cawapres Ganjar. "Tapi, calon wakil presiden itu akan ditentukan kemudian dan oleh ketua umum partai politik," kata Andika.

Ihwal mekanisme penentuan nama cawapres, mantan Panglima TNI itu mengaku tak mengetahuinya lantaran pihaknya menyadari hal itu di luar tupoksi TPN. "Memang di TPN sendiri itu enggak menjadi bahasan," kata Andika.

Dalam rapat-rapat TPN, kata dia, tak pernah sekalipun ada pembahasan soal nama cawapres. "Beneran ini. Apalagi diminta untuk melaporkan penilaian (kepada para ketua umum parpol) enggak pernah ada sama sekali. Enggak pernah," kata Andika.

Meski begitu, Andika mengaku tak mengetahu jika ada pembahasan nama cawapres secara pribadi dengan anggota TPN. "Saya enggak tahu kalau secara pribadi, apa mungkin Mas Arsjad (Rasjid) atau siapa. Tapi dalam rapat TPN, enggak pernah," kata Andika.

Begitu pula, sambung Andika, pihaknya belum pernah membahas soal cawapres kandidat lain, termasuk cawapres Prabowo Subianto. Belakangan, nama politikus PDIP Gibran Rakabuming Raka dikabarkan menguat mengisi posisi itu.

Koalisi pengusung Ganjar Pranowo saat ini dikabarkan mulai mengerucutkan nama kandidat cawapres Ganjar. Kandidat tersebut dibahas saat rapat koalisi yang dihadiri pimpinan empat partai, yaitu PDIP, Hanura, Perindo, dan PPP. Dalam rapat itu, pimpinan partai membahas lima kanididat, yaitu Mahfud Md., Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Salahuddin Uno, Ridwan Kamil, dan Andika Perkasa.

“Dari lima nama tersebut, yang menguat namanya di masyarakat hanya tiga, yaitu Mahfud, Khofifah, dan Sandiaga,” ujar Eriko Sotarduga, Ketua DPP PDIP. Eriko enggan mengungkap siapa di antara ketiga nama tersebut yang punya kans paling besar menjadi cawapres Ganjar. Keputusan final akan menunggu keputusan Megawati dan akan melibatkan Presiden Joko Widodo.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini