Breaking News

Terbakarnya Bukit Rangkap di Dekat Sirkuit Mandalika, Kadus Minta Maaf

 


 LOMBOK TENGAH,   reporter.web.id   - Bukit Rangkap di Dusun Rangkap ll, Desa Kuta Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) terbakar hebat, Senin (9/10/2023) siang. Lokasi kebakaran berada tak jauh dari Sirkuit Mandalika, tempat dilangsungkannya MotoGP 2023. Asap tebal dari bukit di utara sirkuit itu terlihat membumbung tinggi, menyita perhatian dari sejumlah kru dari Dorna Sport yang mempersiapkan perhelatan MotoGP, 13-15 Oktober 2023. Kebakaran akhirnya bisa dipadamkam pada Senin (9/10/2023) sore.

Kepala Dusun (Kadus) Rangkap ll Lalu Adnan mengakui kebakaran disebabkan lantaran ada warganya yang membakar lahan untuk dijadikan ladang menanam jagung. "Memang biasanya warga kami di bulan Oktober membakar ranting-ranting pohon yang ada di ladang (bukit) untuk persiapan tanam jagung memasuki musim hujan," kata Adnan, Senin (9/10/2023).

Adnan menjelaskan, bukit yang terbakar tersebut dikuasai oleh sejumlah masyarakat untuk ditanami jagung. "Kalau yang garap ladang yang ada di bukit ini banyak warga, biasanya satu warga garapnya 25 are," kata Adnan. Sebagai kepala pemerintahan di Dusun Rangkap ll, dirinya memohon maaf atas peristiwa kebakaran tersebut. Ia menegaskan tidak ada unsur niat mengganggu kenyamanan agenda MotoGP. "Tidak ada niat yang lain, atau niat yang aneh-aneh mengganggu kenyamanan event MotoGP  kita dukung 100 persen MotoGP. Ini murni ketidaktahuan warga kami, kami mewakili. masyarakat ini meminta maaf," kata Adnan.


Kapolda NTB terjun 

 Kapolda NTB Irjen Djoko Poerwanto turun langsung memantau kebakaran bukit Rangkap II yang berada sekitar 500 meter dari Sirkuit Mandalika pada Senin (9/10/2023). Djoko mengatakan, kebakaran lahan di Bukit Rangkap II berhasil dipadamkan oleh personel Polri bersama masyarakat sekitar kawasan bukit Rangkap II Dusun Rangkap Desa Kuta Mandalika. Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.00 Wita. "Apapun kegiatan masyarakat polisi harus turun tangan. Kami imbau tetap komunikasi dua arah antara masyarakat dan aparat kepolisian," kata Djoko, Senin sore (9/10/2023).

Menurut Djoko pihaknya akan memberi imbauan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama MotoGP Mandalika berlangsung. "Saya datang ke sini karena ada laporan ada api. Saya sudah ngomong sama Pak Kadus bahwa ini karena musim tanam jagung," kata Djoko. 

Kru khawatir

Sebelumnya diberitakan, kebakaran lahan Bukit Rangkap di Desa Kuta, Kecamatan Punjut, Lombok Tengah ini memicu kekhawatiran kru MotoGP Mandalika. "Asapnya terlihat tebal kelihatan dari atas paddock, kami berharap tidak ada yang mengganggu balapan," kata Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, saat ditemui di Sirkuit Mandalika, Senin (9/10/2023). Dia sempat meminta petugas segera mengatasi kebakaran. "Semoga petugas segera mengatasi agar tidak meluas yang berpotensi menyebabkan gangguan," kata Andi. Adapun menurut Direktur Intelkam Polda NTB Kombes Hendro Kusmayadi, Sirkuit Mandalika memang dikelilingi beberapa bukit. "Beberapa hal yang timbul seperti adanya kebakaran hutan dan lahan akibat musim kemarai, ini harus diantisipasi oleh BPBD, Polri, TNI, dan Pemerintah Lombok Tengah," katanya.(read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini