Breaking News

Sebanyak 115 peserta ikut pagelaran "Kediri Nite Carnival"

  


Kediri,   reporter.web.id  - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengungkapkan sebanyak 115 peserta dipastikan akan ikut dalam pagelaran karnaval "Kediri Nite Carnival" di kota ini, dalam rangka memeriahkan rangkaian hari Jadi ke-1144 Kota Kediri.


Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan di Kota Kediri. Kegiatan pada tahun 2023 ini mengambil tema "Bahagia bersama".

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk menyaksikan 'Kediri Nite Carnival'. Ini acara yang sudah ditunggu-tunggu. Silahkan ajak keluarga dan teman untuk menyaksikannya," katanya di Kediri, Jumat.

Acara ini mengambil start di Kediri Memorial Park dan finish Balai Kota Kediri. Kegiatan tersebut diikuti oleh total 115 peserta.

Sebanyak 101 peserta dari instansi pemerintah dan masyarakat Kediri, serta 14 peserta dari luar daerah yakni dari Kabupaten Malang, Solo Batik Carnival, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tuban, Kabupaten Kediri, Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Madiun, Kota Batu, Sampang, dan Pamekasan.

Sementara itu, sebuah pabrik rokok di Kota Kediri juga ikut serta memeriahkan acara 'Kediri Nite Carnival' yang akan digelar ada Sabtu (7/10) tersebut.

Kabid Humas PT Gudang Garam Tbk. Iwhan Tricahyono mengatakan kontingen dari perusahaan akan mengusung kisah percintaan Rama dan Shinta.

"Kami menyemarakkan puncak peringatan Hari Jadi ke-1144 Kota Kediri. Kami mengusung kisah percintaan Rama dan Shinta," katanya.

Ia menjelaskan, kisah ini dipilih menjadi tema penampilan untuk membawa penonton dalam suasana bahagia bersama. Rama adalah inkarnasi (kelahiran makhluk dari manifestasi) ketuhanan yang maskulin. Dia disebut pangeran dari sebuah kerajaan terbesar di bumi, yang dikenal sebagai Kosala.

Ra menandakan getaran positif, sedangkan ma berarti getaran negatif. Karena itu, Rama merupakan mantra yang melambangkan keseimbangan dan harmoni sejati. Rama juga menjunjung tinggi kebenaran dan kebajikan dalam setiap perbuatan yang dilakukannya.

Sedangkan Shinta adalah seorang putri yang ditakdirkan untuk Rama. Keduanya jatuh cinta pada pandangan pertama. Shinta memberikan aura semua kebajikan duniawi, yang meliputi kesuburan, perubahan, kesabaran yang dalam, kecantikan luar biasa, serta kepasrahan.

Pihaknya menambahkan, kisah percintaan Rama dan Shinta ini juga dikemas dalam balutan kostum etnik modern. Sedikitnya 32 talent akan mendukung kontingen ini. Terdiri dari talent utama sebagai Rama dan Shinta, enam talent yang memeragakan pengembaraan Shinta, serta 12 talent yang mengiringi pengembaraan Rama, termasuk tokoh Rahwana dan Hanoman. Penampilan peserta juga didukung 12 penari.(read.al)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini