Breaking News

Sebagian Besar Jatim pada Awal Pekan Berpotensi Cerah Seharian

  


JAWA TIMUR,    reporter.web.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Jawa Timur (Jatim) bakal cerah seharian disebagian besar akhir pekan, Senin (2/10/2023).

Hujan diprakirakan hanya melanda Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, Pamekasan dan Sampang pada siang sampai sore hari dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir.

Sementara untuk kawasan Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik) beserta kabupaten kota lainnya, berpotensi cerah hingga berawan pada pagi sampai malam hari.

Suhu udara di Jatim berkisar 13 hingga 36 derajat celcius dengan presentase kelembapan mencapai 40-100 persen. Angin dominan berhembus dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Adapun kondisi cuaca sebagian besar wilayah perairan Jatim, diprakirakan BMKG Maritim Tanjung Perak secara umum berawan.

Arah angin dominan dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 20 knot (37 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 16 knots (30 kilometer per jam).

Untuk ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.8-1.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.3 meter

BMKG Maritim Tanjung Perak juga meminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di wilayah pesisir mewaspadai tinggi gelombang mencapai 2.5 meter di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini