Breaking News

SEA Games 2023, dari Seremoni Sorot Lampu hingga Kursi Plastik Ruang Ganti

  


reporter.web.id - SEA Games 2023 Kamboja tak melulu tentang perjuangan atlet untuk meraih medali dan mengharumkan nama negara. Ada sisi-sisi lain yang tak kalah menarik. Kompas.com menangkap ada dua sisi menarik dari perhelatan SEA Games 2023. Dua-duanya melibatkan kontingen Indonesia. Sisi menarik pertama adalah tentang podium juara yang memakai pencahayaan lampu mobil. Hal itu terjadi di cabang olahraga jalan cepat. Cabor jalan cepat SEA Games 2023 memainkan partai final nomor 20 kilometer putra di kawasan Angkor Wat, Siem Reap, Sabtu (6/5/2023). Lomba digelar pada pukul 16.00 waktu setempat dan selesai menjelang malam.

Atlet Indonesia Hendro Yap finis pertama dengan waktu 1 jam 40 menit 42 detik dan berhak atas medali emas. Sementara itu, medali perak diraih Nguyen Thanh Ngung (Vietnam) dan perunggu oleh Pyae Phyo Htun (Myanmar). Saat prosesi penyerahan medali, pencahayaan di podium sangat tidak memadai hingga harus dibantu sorot lampu mobil. Hendro Yap yang berdiri di podium teratas lengkap dengan bendera Merah Putih pun menerima medali dengan sorotan cahaya dari lampu mobil tersebut.  Kejadian itu kemudian viral di media sosial setelah diunggah oleh pengguna TikTok @bungabdur.

Dikonfirmasi Kompas.com, pemilik akun tersebut mengatakan bahwa video itu berasal dari story Instagram milik dokter tim NOC Indonesia, dr. Andhika Raspati, SpKO.  Adapun dalam foto yang diunggah oleh akun Instagram resmi PB PASI, tampak jelas bahwa podium jalan cepat SEA Games 2023 hanya disorot oleh cahaya dari depan. Gini amat ????

Meski dengan kondisi podium seadanya, Hendro Yap terlihat tersenyum bangga usai mempersembahkan medali emas bagi Merah Putih.  Bagi Hendro, emas SEA Games 2023 membuat dia semakin menegaskan statusnya sebagai legenda hidup jalan cepat Indonesia.  Itu adalah medali emas kelima Hendro di panggung SEA Games. Sebelumnya, atlet kelahiran Medan itu berhasil meraih emas di Myanmar (2013), Singapura (2015), Malaysia (2017), dan Filipina (2019).

Setelah seremoni sorot lampu, sisi menarik kedua adalah mengenai kursi plastik di ruang ganti pemain timnas U22 Indonesia. Menjelang laga ketiga Grup A melawan Timor Leste di Stadion Morodok Techo, Phnom Penh, Minggu (7/5/2023), akun Twitter PSSI membagikan foto-foto kondisi ruang ganti. Dalam foto tersebut, tergambar kursi plastik layaknya bangku kondangan, yang digunakan untuk meletakkan perlengkapan pemain timnas U22 Indonesia. Selain itu, terdapan pula kursi kayu berbentuk panjang. Kursi tersebut juga difungsikan sebagai tempat menaruh jersey pemain timnas U22 Indonesia. Intip ruang ganti Garuda Nusantara! ????????#KitaGaruda #TimnasDay pic.twitter.com/cC25JeHQv

Kursi plastik tersebut sedianya sudah menghiasi ruang ganti timnas U22 Indonesia sejak hari pertama cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023.

Kursi plastik tersebut sedianya sudah menghiasi ruang ganti timnas U22 Indonesia sejak hari pertama cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023.(read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini