Breaking News

Prabowo Terima Usul Gibran Jadi Cawapres, Bakal Bahas Bareng Koalisi

 



Jakarta, reporter.web.id -   Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku menerima usulan dari kelompok relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi).

Kelompok relawan itu mengusulkan agar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka digandeng sebagai cawapres di Pilpres 2024. Prabowo juga mengatakan mendengar harapan tersebut di daerah.

"Saya paham keinginan generasi muda untuk berpartisipasi secara aktif untuk memiliki sesuatu perwakilan yang nyata di dalam perpolitikan Indonesia, dan saya mengerti," kata Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Sabtu (7/10) malam.

"Di daerah pun saya mendengar harapan-harapan seperti itu," lanjutnya.

Namun, Prabowo menegaskan Gerindra tergabung dengan Koalisi Indonesia Maju yang berisi banyak partai. Oleh karenanya, ia mengatakan usulan itu akan dikomunikasikan dengan partai lain dalam koalisi.

"Kami punya kesepakatan, ketua-ketua umum akan musyawarah mufakat untuk bersama-sama memutuskan siapa wakil presiden," katanya.

"Jadi, yang penting saya terima masukan dari saudara-saudara dan akan saya bawa ke forum Koalisi Indonesia Maju," imbuhnya.

Sebelumnya, kelompok relawan Samawi menyatakan dukungan kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Samawi Gus Muhammad Nahdy mengatakan para kiai, gus, dan ajengan sepakat dengan pendapat bahwa Indonesia butuh pemimpin tegas, cinta kepada rakyat, hingga memahami geopolitik. Kriteria itu dinilai ada pada Prabowo.

"Kami hari ini, berada di sini untuk menyelaraskan persepsi, menggandeng tangan Bapak untuk terus maju dan berlaga dalam kontestasi pertarungan pemimpin bangsa kita," kata Nahdy kepada Prabowo.

"Kami kaum sarungan tegak lurus bersama Pak Jokowi, dan berijtihad mendukung Bapak," tegasnya.

Mereka kemudian mengusulkan agar Prabowo menggandeng Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) jika nantinya Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan uji materi pasal dalam UU Pemilu tentang batas usia minimal capres-cawapres.

"Kami yakin pasangan ini akan menjadi dwi tunggal yang saling menguatkan Pak Prabowo yang dedikatif dan tegas dengan Mas Gibran yang inovatif dan mengerti kebutuhan generasinya," katanya. (red.NR)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini