Breaking News

Pemkot Kediri Merekrut 312 PPPK 2023, Pelamar Diminta Teliti




KEDIRI,   barometerindonesia.online - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, akan melakukan rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK 2023. Adapun jumlah PPPK yang akan direkrut pada 2023 ini sebanyak 312 orang. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kediri Un Achmad Nurdin menjelaskan sesuai Surat Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), formasi yang dibuka pada tahun ini di Kota Kediri, yakni 312 yang terdiri dari tiga macam jenis jabatan.

Pertama, jabatan fungsional tenaga guru 188 formasi, teknis 62, dan tenaga kesehatan 62.

"Itu kebijakan dari pemerintah pusat. Untuk pemerintah daerah, alokasi yang diberikan hanya untuk rekrutmen PPPK. Adapun formasi yang diberikan mencakup tiga macam jabatan, yakni jabatan fungsional guru, jabatan teknis, dan jabatan tenaga kesehatan," katanya di Kediri, Rabu (27/9). Dia menjelaskan bahwa ada perbedaan mekanisme rekrutmen PPPK 2023 dibanding tahun sebelumnya. Perbedaannya ialah pada tahun ini terbagi menjadi dua jalur, yaitu kebutuhan khusus dan kebutuhan umum.

Un Achmad menjelaskan untuk kebutuhan khusus, pada jabatan teknis dan tenaga kesehatan pelamar berasal dari para tenaga honor kategori II (THK II) yang sudah terdaftar di database Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan sudah bekerja minimal dua tahun dan masih aktif bekerja. "Untuk kebutuhan umum, adalah pelamar yang memiliki pengalaman kerja di bidang formasi yang dilamar selama dua tahun," ungkapnya.
Dia menambahkan menambahkan untuk jabatan guru, kebutuhan khusus ditujukan untuk pelamar prioritas, yaitu para pelamar PPPK pada 2021 sudah memenuhi angka passing grade. Lalu, para THK II dan aktif bekerja di lingkungan Pemkot Kediri minimal tiga tahun.

"Kebutuhan umum ditujukan untuk pelamar dari lulusan pendidikan profesi guru (PPG), dan guru yang sudah terdaftar di database dapodik," katanya. Un Achmad mengingatkan para pelamar agar teliti dalam melakukan pengisian dokumen persyaratan yang sesuai di website sscasn.bkn.go.id. "Adapun yang perlu diperhatikan sebelum melamar di antaranya scanner dokumen asli bukan dokumen fotokopi, serta memakai mode berwarna. Lalu, untuk jabatan teknis tahun ini banyak formasi untuk programer. Jadi, harus mampu menguasai bahasa pemrograman dan tuliskan di pengalaman kerja," ungkapnya. Un Achmad mengatakan apabila memiliki pertanyaan terkait rekrutmen PPPK Kota Kediri atau mendapati kesulitan saat melamar formasi yang dilamar, masyarakat dapat langsung menghubungi lewat direct message via Instagram di @bkpsdm_kotakediri. Pemkot Kediri sebelumnya membuka CPNS untuk formasi 2021 yakni tenaga kesehatan dan guru. Tenaga kesehatan dibutuhkan, salah satunya karena kebutuhan terlebih lagi karena pandemi Covid-19. Sebanyak 182 orang telah lolos seleksi calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Kediri formasi 2021.
Mereka juga sudah menerima surat keputusan (SK) pengangkatan CPNS dari pemerintah. Sebanyak 182 orang CPNS yang telah menerima SK itu terdiri atas 81 golongan tiga dan 101 golongan dua. Mereka telah lolos seleksi dan dipastikan telah memiliki karakter yang tangguh dan mampu di bidangnya masing-masing.  (read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini