Breaking News

PDIP Siapkan Kejutan untuk Umumkan Cawapres Ganjar Pranowo



Jakarta, reporter.web.id -  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) disebut tengah menyiapkan kejutan untuk mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, kandidat nama untuk cawapres Ganjar kini telah mengerucut ke satu nama pilihan.

"Ya namanya siap diumumkan. Iya [sudah mengerucut satu nama], tinggal diumumkan," kata Hasto saat menghadiri Rakor Pemenangan Pilpres dan Pileg PDIP Jatim di Vasa Hotel, Surabaya, Sabtu (14/10).

Hasto turut membenarkan bahwa ada beberapa nama yang masuk ke dalam bursa kandidat cawapres Ganjar yakni Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Khofifah Indar Parawansa, Erick Thohir, Andika Perkasa hingga Basuki Hadimuljono.

"Ada dari Jawa Barat, Ridwan Kamil; Sandiaga Uno, Prof Mahfud, Mbak Khofifah, Pak Basuki Menteri PUPR, kemudian itu ada Erick Thohir ada Pak Andika Perkasa, ada Tuan Guru Bajang," terang Hasto.

"Ini kan nama-nama yang disuarakan oleh rakyat," ucapnya.

Terkait kandidat yang sudah terpilih, Hasto mengaku tidak memiliki kapasitas lebih untuk mengumumkannya. Hasto mengatakan, dalam waktu dekat, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang akan mengumumkan sendiri nama tersebut.

"Nama-nama yang akan mendampingi Pak Ganjar sudah digodok dan tentu saja siap diumumkan, tinggal menunggu momentum yang tepat," ucapnya.

Hasto memperkirakan pengumuman nama cawapres pendamping Ganjar tersebut bakal diumumkan di periode pembukaan capres-cawapres dari KPU, atau sekitar 19-25 Oktober 2023. Ia kemudian kembali memastikan bahwa akan ada kejutan bagi publik di dalam pengumuman tersebut.

"Menurut KPU tanggal 19 sampai 25 Oktober 2023, tentu ini menjadi momentum yang baik. Kami rancang element of surprise-nya," pungkas Hasto.

Sebelumnya, Komisi II DPR, pemerintah, dan KPU sepakat menetapkan pendaftaran capres dan cawapres Pilpres 2024 pada 19-25 Oktober 2023.

Saat ini, Ganjar Pranowo diusung PDIP bersama PPP, Hanura, dan Perindo.

Nama Mahfud MD, Sandiaga Uno, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi calon kuat pendamping Ganjar. Namun, hingga saat ini PDIP belum resmi mengumumkan cawapres pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

(red.NR)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini