Breaking News

Pasar Buah Banyakan Tergusur Proyek Tol Kediri-Kertosono, Ke Mana Akan Pindah? Ini Kata Bupati Kediri Dhito

  


KEDIRI,   reporter.web.id  -  Realisasi fisik jalan tol Kediri-Kertosono masih belum jelas. Meski demikian, Pasar Buah Banyakan yang ada di tepi jalan raya Kediri-Nganjuk itu dipastikan tergusur. Tempat yang jadi ikon Bumi Panjalu itu disebut-sebut akan dipindah ke sebelah barat.


Bupati Hanindhito Himawan Pramana yang kemarin datang ke Pasar Buah Banyakan memastikan jika sentra mangga podang itu akan dipindah. “Dalam waktu dekat Pasar Buah Banyakan akan dipindah,” kata Dhito di sela-sela kunjungan.

Kedatangannya ke Pasar Buah Banyakan kemarin menurut Dhito juga untuk memastikan pemindahan berjalan lancar. Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) M. Solikin, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Tutik Purwaningsih, Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Erfin Fatoni, dan beberapa kepala OPD lainnya, Dhito terlihat mendatangi satu per satu pedagang.

Pria berusia 31 tahun itu memberi tahu tentang rencana pemindahan pasar. Respons dari pedagang pun beragam. Ada yang setuju serta ada yang menolak. Sebagian pedagang khawatir dagangannya tidak laku di lokasi yang baru

Meski demikian, Dhito berusaha meyakinkan jika nasib pedagang akan terjamin. “Saya memastikan tidak akan ada yang dirugikan dalam pemindahan pasar,” ucapnya pada salah satu pedagang.

Lebih jauh suami Eriani Annisa ini menjelaskan, pemkab menyiapkan dua skema relokasi pedagang pasar. Sayangnya Dhito masih enggan menjelaskan lebih jauh karena masih akan dimatangkan.

Dia juga menolak membocorkan opsi dua lokasi Pasar Buah Banyakan yang baru. “Masih jadi rahasia. Kami enggan membocorkan,” tuturnya sembari menyebut lokasi pasar buah yang baru masih ada di tepi Jl Raya Banyakan-Grogol.

Senada dengan Dhito, Kepala Disdag Tutik Purwaningsih juga enggan memberitahu dua opsi lokasi pasar buah yang baru. Dia hanya menyebut saat ini pemkab tengah menyiapkan pemindahan total 75 pedagang yang ada di sana.



“Kalau (lokasi, Red) pengganti atau sebagainya masih kami matangkan lagi,” jelas Tutik sembari menyebut pemkab masih melakukan kajian terkait pemindahan pasar.

Tutik menegaskan, lokasi baru nanti tetap akan merepresentasikan Pasar Buah Banyakan seperti halnya lokasi lama. Karena itu pula, pemkab akan memilih lokasi di pinggir jalan besar Kediri-Nganjuk.


Penelusuran koran ini, ada beberapa alternatif tempat yang representatif untuk pemindahan pasar buah. Salah satunya, lapangan futsal yang ada di sebelah barat Pasar Buah Banyakan. Di sana juga tertera tulisan “dijual”. Sehingga, sangat memungkinkan untuk jadi tempat relokasi.

Apalagi, luas tanah di lokasi tersebut juga sama besar dengan area Pasar Buah Banyakan yang lama. Jarak lapangan futsal dengan pasar buah hanya sekitar 300 meter. “Sudah ada petugas dari tol yang mengecek ke lokasi,” kata salah satu warga yang tinggal tak jauh dari lapangan futsal.


Jika lokasi ini benar-benar dipilih, berarti Pasar Buah Banyakan akan pindah ke sebelah barat. Tempatnya juga masih di tepi jalan provinsi. Tidak jauh dari exit Tol Kediri-Kertosono yang berada di perempatan Banyakan.

Meski saat ini pembebasan tanah belum dilakukan, proses pelepasan tanah dipastikan akan lebih cepat. Sebab, nantinya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang akan melakukan tukar guling. Yakni, mengganti aset Pasar Buah Banyakan yang terpakai dengan tanah dan bangunan baru.(read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini