Breaking News

Menpan RB Jamin Seleksi CPNS 2024 Bersih: Tidak Ada Titip Menitip



Jakarta, reporter.web.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas menjamin tidak ada titip menitip dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024.

"Menteri Anas mengingatkan kepada seluruh pihak bahwa seleksi CASN (CPNS) kini tidak lagi bisa ada 'titip menitip'. Semua tahap dilaksanakan secara terbuka dan akuntabel. Anggapan bahwa menjadi aparatur sipil negara (ASN) harus membayar sejumlah uang pun sudah tak lagi ada," tulis keterangan resmi di situs Kemenpan RB, Selasa (17/10).

Anas menegaskan satu-satunya jalan yang bisa meloloskan peserta CPNS adalah kemampuan pribadi. Ia memastikan orang yang menjanjikan kelulusan adalah tindak penipuan.

Selain itu, Anas mengatakan Kemenpan RB tidak terafiliasi dengan tempat pelatihan atau bimbingan belajar mana pun.

"Kami memastikan seleksi ini tidak ada celah kecurangan, transparan, dan akuntabel. Penggunaan computer assisted test (CAT) ini salah satu bentuk digitalisasi seleksi calon ASN," jelas Anas.

"Kalau ditemukan adanya indikasi kecurangan dari pihak manapun, kami akan melakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Pendaftaran seleksi CPNS sudah ditutup pada 12 Oktober 2023 lalu. Total pelamar CPN sampai dengan penutupan pendaftaran mencapai lebih dari 2,4 juta orang. Para peserta bisa melihat pengumuman hasil seleksi administrasi pada kanal resmi masing-masing instansi mulai dari Senin (16/10).

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), ada 945.404 peserta melamar melalui jalur CPNS. Sedangkan pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru mencapai 439.020 orang.

Lalu, pelamar PPPK tenaga kesehatan pada seleksi tahun ini mencapai 388.145 orang. Sementara itu, PPPK teknis ada 637.313 pelamar.

(red.NR)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini