Breaking News

Menanti Pengumuman Cawapres Prabowo, Erick atau Gibran?


Jakarta, reporter.web.id -  Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan Prabowo Subianto sudah mengantongi nama cawapres sebagai pendampingnya di 2024. Siapa dia?

Hingga kemarin malam, parpol pengusung Prabowo yakni Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat masih menggelar rapat membahas sosok cawapres. PAN sendiri sempat buka-bukaan kalau nama bacawapres Prabowo telah mengerucut menjadi dua nama.

Ketua DPP PAN Zita Anjani mengatakan PAN mengusung nama Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendampingi Prabowo pada Pilpres 2024. SKCK yang merupakan salah satu syarat pendaftaran Pilpres ke KPU juga sudah dipegang Erick Thohir.

"Udah ada dua, kan SKCK kan sudah ada Pak Erick. Kalau dari PAN kita tetap dukung Erick Thohir, apalagi udah ada bocoran SKCK nya toh, senang kita ya. Doain aja," ucap Zita kepada wartawan di Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Rabu (18/10).

Selain SKCK, surat keterangan (suket) tidak pernah sebagai terpidana uga dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. PN Jaksel juga mengeluarkan suket untuk Erick Thohir.

"Kami sudah membuat surat dimaksud," kata pejabat Humas PN Jaksel, Djuyamto, kepada wartawan, Rabu (18/10/2023).

"Ada Pak Ganjar, Pak Erick, Pak Yusril, Pak Anies, Pak Muhaimin," ucap Djuyamto.

Surat itu dikeluarkan berdasarkan pemeriksaan induk pidana di PN Jaksel, yang menerangkan bahwa yang bersangkutan tidak sedang, tidak pernah sebagai terpidana, berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

Nama Cawapres Sudah di Kantong Prabowo

Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan pertemuan tadi malam di kediaman Zulhas di Jalan Widya Chandra, Jakarta. Sosok cawapres Prabowo turut jadi bahasan.

Zulhas mengatakan Prabowo sudah mengantongi nama cawapres yang bakal mendampinginya di 2024. Namun, para ketum parpol KIM belum menandatangani soal kesepalatan paslon capres cawapres.

"Oh belum, belum. Sudah di kantong Pak Prabowo tadi. Ada di kantong Pak Prabowo lah nanti. Belum (tanda tangan basah kesepakatan)," lanjutnya.

Dia mengatakan rapat Ketum KIM bakal berlanjut hari ini, Sabtu (21/10) sore. Zulhas menuturkan KIM terus memperhatikan perkembangan politik yang dinamis.

"Jadi sebetulnya yang disepakati, kalau partai-partai kan sudah ada namanya di kantong Pak Prabowo. Sekarang kita lihat, tentu perkembangan politik kan cepat, nanti itu ya kita diskusikan. Tadi, karena sudah berapa hari tidak ketemu, terus akan dilanjut besok sore," jelas dia.

Zulhas tak ingin boleh mendahului dengan mempublikasikan nama cawapres tersebut.

"Saya nggak boleh mendahului, saya tidak boleh mendahului," kata dia.

Gibran Rakabuming Menguat Jadi Cawapres Prabowo

Jelang penentuan, nama Gibran Rakabuming menguat jadi cawapres Prabowo. Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengatakan partainya mendukung Gibran jadi cawapres pendamping Prabowo.

"Partai Gelora mendukung Mas Gibran sebagai calon wakil presiden Pak Prabowo," ucap Anis, dalam cuitannya, Jumat (21/10/2023).

Anis juga mengatakan Prabowo akan mendapat tambahan kekuatan elektoral jika berpasangan dengan Gibran. Dia menyebut Prabowo-Gibran perpaduan generasi.

"Pasangan Prabowo-Gibran menjaga perpaduan generasi. Gelorakan semangat Indonesia!" tulis Anis.

Bahkan, Waketum Partai Gelora Fahri Hamzah mengunggah foto duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Fahri menyertakan keterangan foto 'Indonesia menuju Super Power Baru'.

"Mari kita bersatu, Indonesia menuju #SuperpowerBaru!" tulis Fahri, dalam keterangan foto yang diunggah.

Dalam foto yang diunggah itu disertakan tulisan Prabowo Gibran Capres dan Cawapres RI 2024. Termasuk logo Partai Gelora.

Di foto tersebut Prabowo memakai jas hitam dengan kemeja putih serta dasi dan peci hitam. Sementara Gibran menggunakan pakaian putih dan peci hitam.

Adapun, relawan Pro Jokowi atau Projo telah menyiapkan spanduk digital dukungan Prabowo-Gibran. Spanduk digital itu diberikan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi, Jumat (20/10/2023). Spanduk tersebut bertuliskan 'Kita Indonesia Kita Prabowo-Gibran'.

Spanduk tersebut memuat foto Prabowo dan Gibran dengan logo Projo di pojok kiri. Selain tulisan 'Kita Indonesia Kita Prabowo-Gibran', terdapat pula tagar 2024SaatnyaPrabowoGibran.

Prabowo Bilang Minggu Depan Pendaftaran

Prabowo mengatakan pihaknya akan mendaftarkan diri sebagai pasangan capres pekan depan ke KPU. Prabowo menyebut sosok cawapres menunggu putusan rapimnas Partai Golkar besok.

"Saya kira minggu depan sudah kita pendaftaran ya. Minggu depan. Bukan hari Minggu, minggu depan," kata Prabowo di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (20/10/2023).

"Ya jadi, kita lihat perkembangan ya. Besok ada rapimnas Golkar, kita tunggu perkembangan," ucap Prabowo menjawab apakah pendeklarasiannya cawapresnya di tanggal 25 Oktober.

Sementara itu, jelang penentuan cawapres Prabowo, Gibran Rakabuming disebut sudah terbang ke Jakarta sejak kemarin sore. Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, membenarkan Gibran bertolak ke Jakarta. Hanya saja, dia tidak mengetahui dalam rangka apa Gibran bertolak ke Jakarta.

(red.NR)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini