Breaking News

Guru di Sulsel Bully Profesi Petani Ortu Siswa: Kronologi hingga Berdamai

  

SulSel, reporter.web.id - Viral di media sosial oknum guru membully profesi petani orang tua salah satu siswanya. Diketahui, oknum guru berinisial MJ merupakan pengajar di salah satu SMA di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Peristiwa tersebut terjadi di SMAN 3 Takalar, pada Kamis (5/10/2023) pagi. Saat itu, oknum guru MJ sedang memberikan materi pembelajaran Pendidikan dan Kewarganegaraan (PPKN) di kelas 12.

"Kejadiannya hari Kamis pagi di kelas 12 saat pembelajaran PPKN, dan kemudian materinya diskusi. Diskusi itu kan ada penyaji dan kelompok penanya," ujar Kepala SMAN 3 Takalar, Ilham, Sabtu (7/10/2023).

Kronologi Kejadian

Ilham mengatakan MJ saat itu memanggil salah satu siswanya maju ke depan menjelaskan materi pembelajarannya. Oknum guru tersebut lalu mengajukan pertanyaan kepada siswa itu.

"Gurunya sampaikan, 'dimana ki tinggal?' Dia jelaskan mi itu (anak yang dipanggil maju ke depan)" ungkapnya.

Oknum guru itu lanjut bertanya soal profesi orangtua siswa tersebut. Saat itulah oknum guru itu menyampaikan perkataan menohok kepada siswa yang menyinggung pekerjaan orang tuanya sebagai petani.

"(Terus) ditanya lagi, 'dimana kerja bapak ta?', (Gurunya lalu bilang) 'ih kah anak petani jako pale, saya kira anak panglima ko. Kenapa terlalu banyak protesmu'," paparnya.

Ucapan MJ mengundang keributan di kelas. Siswa lainnya pun memprotes perkataan guru terhadap rekannya.

"Begitu dia bilang gurunya, dalam bentuk candaan ji sebenarnya. Cuma mungkin diksinya yang salah," jelas Ilham.

Viral di Media Sosial

Diketahui, peristiwa itu terekam kamera ponsel hingga viral di media sosial. Dalam video yang beredar, tampak siswa itu berdiri di depan gurunya.

Keributan terjadi saat siswa lainnya menyampaikan protes kepada oknum guru tersebut yang dianggap merendahkan pekerjaan orang tua murid. Mereka membela rekannya di kelas itu.

"Astagfirullah, kah petani pekerjaan tonji Pak. Yang penting tawwa halal ji," ungkap salah satu siswi sebagaimana terdengar dalam video beredar.

Oknum guru itu juga tampak menenangkan siswa lainnya. Namun penjelasan guru tersebut tidak diindahkan.

"Kenapa ki samakan petani? Tidak bisa begitu, Pak. Kah temanku. Pak, jangki bawa-bawa petani, mentang-mentang kita di situ guru," ucapnya.

Terlihat beberapa siswa mengerumuni oknum guru tersebut. Akhirnya situasi kelas pun menjadi ribut karena suara siswa yang saling sahut-sahutan.

Kasus Berakhir Damai

Lebih lanjut, Kepala SMAN 3 Takalar, Ilham mengatakan untuk saat ini kasus tersebut sudah berakhir damai. Guru maupun siswa tersebut sudah saling memaafkan.

"Sudah damai. Karena kan kemarin kami pertemukan lagi dengan orang tuanya itu anak, dan memaafkan gurunya," ujar Ilham.

Ilham mengatakan MJ pun turut menyampaikan rasa bersalahnya kepada orangtua siswa yang telah di-bully itu. Dia menyebut MJ mengaku khilaf.

"Gurunya juga seperti itu, dia merasa khilaf dan merasa bersalah," paparnya.

Dia melanjutkan MJ berjanji untuk tidak melakukan hal serupa di kemudian hari. MJ juga menyampaikan permintaan maaf kepada siswanya.

"Dan menyampaikan ke kami Insyaallah tidak mengulangi hal-hal seperti itu. Iya termasuk (meminta maaf kepada) anak itu," ungkapnya. (red.NR)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini