Breaking News

Gunung Slamet Waspada, Kawasan Wisata Baturraden Tetap Buka


Banyumas
, reporter.web.id -  Sudah dua hari ini status Gunung Slamet terjadi peningkatan dari normal level I menjadi waspada level II. Kondisi ini tidak berdampak pada operasional kawasan wisata Baturraden.

Sampai hari ini kawasan wisata yang berlokasi di lereng sebelah selatan Gunung Slamet relatif aman dan buka seperti biasanya. Sebab jarak dari kawah sumber magma mengarah ke utara.

"Sampai saat ini belum ada yang perlu dilakukan untuk tempat wisata. Seperti yang kami sampaikan dari pemantauan gunung api yang bersurat ke kita disampaikan hanya radius 2 km dari kawah," kata Kepala BPBD Banyumas, Budi Nugroho, kepada wartawan, Jumat (20/10/2023).

Namun pihaknya meminta masyarakat yang berada di sekitar Baturraden untuk tetap tenang dan waspada.

"Desa terdekat ini di daerah sana Baturraden, tapi dari gunung Slametnya terlalu jauh. Sehingga untuk saat ini prinsipnya tetap waspada. Apa yang harus dilakukan nanti akan kita sampaikan. Tetap aman dan dibuka sementara demikian," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Setia Rahendra mengungkapkan telah melaksanakan sosialisasi mitigasi bencana gunung api.

"Kemarin saya dengan BPBD mengadakan sosialisasi mitigasi bencana alam dua hari lalu. Pesertanya pelaku usaha pariwisata, pedagang, karyawan yang di lokawisata Baturraden. Kami jelaskan ancaman potensi bencana alam khususnya gunung meletus. Ini titik kumpul jalur evakuasi dan sebagainya," ungkapnya.

Pihaknya akan tetap memantau perkembangan status Gunung Slamet agar bisa mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh lembaga yang berwenang.

"Sampai saat ini masih dibuka. Kami belum dapat warning dari lembaga yang mempunyai kewenangan kegunungapian. Kalau ada peringatan untuk ditutup ya saya pasti laksanakan," pungkasnya.

(red.NR)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini