Breaking News

Gereja Jawi Wetan Probolinggo yang jadi Gereja Jawa Pertama di Probolinggo

 


PROBOLINGGO,   reporter.web.id  - Tahun 1934 menjadi hari bersejarah bagi umat Kristen Jawa di Probolinggo. Pada tahun itu, akhirnya didirikan gereja khusus untuk orang Jawa yang diberi nama Gereja Jawi Wetan. Sebelumnya, mereka harus beribadah di rumah guru Injil, Wirjodarmo.

Gereja ini didirikan di Regentstraat atau saat ini disebut dengan Jalan Ahmad Yani, Kota Probolinggo. Lokasinya tidak jauh dari Pendapa Kabupaten Probolinggo. Ini tidak terlepas dari peran Bupati Probolinggo saat itu, "Raden Adipati Ario Poedjo" yang menjabat periode 1930–1943. Dia adalah Bupati Probolinggo ke-18 menggantikan bupati sebelumnya, Raden Adipati Ario Nitinegoro.

Poedjo adalah anak dari Gadroen, seorang guru di Sekolah Misionaris di Mojowarnom. Pembangunan gereja dirintis oleh guru Injil, Wirjodarmo dan keberadaannya menjadi Gereja Jawa yang pertama dibangun di Probolinggo.

Pemerhati sejarah Probolinggo, Edi Martono menyebut, dana pembangunan gereja ini dikumpulkan dari sumbangan para jemaat oleh bendahara Zr. Sardremi. Gereja ini dibangun dengan kerangka besi yang dipasok oleh Carl Schlieper. Kemudian diisi dengan pasangan batu bata.

Kapasitas gedungnya mampu menampung 150 orang. Sebelumnya, kebaktian dilakukan di rumah guru Injil, Wirjodarmo setiap minggu pagi. Puluhan orang Probolinggo memenuhi rumahnya.

"Saat kebaktian di rumah Wirjodarmo, Pendeta Th. B.W.G. Gramberg datang ke Probolinggo dari Malang setiap tiga bulan untuk memimpin pelayanan," sebut Edi. (read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini