Breaking News

BPS Warning: Selain Beras, Harga Gula dan Cabai Meledak



Jakarta, reporter.web.id -   Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti menyebut ada tiga komoditas pangan yang perlu mendapat perhatian khusus di pekan kedua Oktober 2023, diantaranya gula pasir, beras dan cabai. Amalia mengungkapkan, terdapat sebanyak 338 kota dan kabupaten yang mengalami lonjakan harga pada komoditas gula.

"Komoditas yang jadi perhatian minggu kedua Oktober ini adalah gula pasir yang ada sebanyak 338 Kabupaten yang mengalami kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) dan dikontribusikan oleh gula pasir," kata Amalia dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Nasional di Kantor Badan Pangan Nasional (Bapanas) Jakarta, Senin (16/10/2023).

Selain gula, kata Amalia, harga beras terpantau terus mengalami kenaikan. Dia menyebutkan, ada sebanyak 283 Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan pada komoditas beras.

"Mengenai perkembangan harga beras, di mana harga beras mengalami peningkatan terus. Yang jelas harga beras dalam tren terus meningkat, kemudian rata-rata harga beras mengalami disparitas yang semakin tinggi dimana paling tinggi adalah Papua," ungkapnya.

Sementara untuk cabai rawit, lanjutnya, ada sebanyak 259 Kabupaten/Kota yang kenaikan IPH nya dikontribusikan oleh cabai. Amalia juga membeberkan, ada 6 Provinsi yang memiliki IPH tertinggi pada komoditas cabai, yang pertama adalah Gorontalo dengan IPH mencapai 6,1%.

Kemudian Sulawesi Utara tepatnya di Kabupaten Bolaang Mongondow, IPH-nya mencapai 5,32%. Disusul oleh Kota Bitung, Sulawesi Utara yang IPH-nya mencapai 5,05%.

"Selanjutnya adalah Kota Mamasa Sulawesi Barat kami melihat IPH-nya mencapai 4,45% dan Lombok Timur 4,4%," bebernya.

Panel Harga Badan Pangan (data diakses pukul 12.41 WIB) menunjukkan, harga gula hari ini naik Rp20 ke Rp15.520 per kg. Termahal ada di Provinsi Papua Rp19.480 per kg.

Sementara harga beras, panel harga badan pangan mencatat secara nasional harga beras medium di harga Rp13.170 per kg, dan beras premium masih berada di Rp14.950 per kg. Harga cabai juga serupa. Cabai merah keriting naik menjadi Rp40.880 per kg dan cabai rawit merah naik menjadi Rp49.170 per kg. (red.NR)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini