Breaking News

BMKG: Surabaya Raya Cerah Seharian, Lumajang dan Jember Berpotensi Hujan Disertai Petir

 



KEDIRI,   reporter.web.id   - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim), pada awal pekan, Senin (9/10/2023), berpotensi cerah seharian.

Mayoritas di wilayah Jatim pada pagi hari diprakirakan cerah dan berawan secara keseluruhan.

Sementara pada siang hari, dua daerah yakni Kabupaten Lumajang dan Jember, berpotensi turun hujan dengan intensitas deras disertai petir.

Selain dua wilayah tersebut, seperti Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Gresik), dan sebagian besar Jatim lainnya tidak berpotensi turun hujan.

Suhu udara di Jatim hari ini ada di kisaran 13 sampai 36 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 39 hingga 95 persen. Sedangkan angin dominan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan 05-40 kilometer per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan sebagian besar wilayah perairan Jatim secara umum kondisinya berpotensi hujan ringan.

Arah angin dominan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 18 knot (32 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 22 knots (40 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.5 meter.

BMKG Maritim Tanjung Perak juga mengimbau masyarakat wilayah pesisir, mewaspadai gelombang tinggi yang mencapai 2.5 meter di perairan selatan Jawa Timur (Jatim), dan Samudera Hindia selatan Jatim.(read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini