Breaking News

Berkejaran Dengan Proyek Bandara Kediri, Penyelesaian Tugu Ikonik Juga Dipercepat

 



KEDIRI,   reporter.web.id   - Pembangunan bandara Internasional Dhoho Kediri telah memasuki tahap finishing. Secara keseluruhan proyek konstruksi telah mencapai 97 persen dan ditargetkan akhir Oktober semua pembangunan konstruksi telah selesai.

 Senin (9/10/2023), salah satu proyek samping yang sedang dikebut penyelesaiannya adalah tugu yang akan menjadi ikon Bandara Internasional Dhoho Kediri. Tugu itu dibangun di halaman depan bandara dan dekat dengan jalan akses masuk ke bandara.

Termasuk gate yang akan menjadi akses pintu keluar masuk gerbang bandara juga telah tahapan finishing yang akan diselesaikan dalam dua pekan ke depan. Sementara apron bandara dari pandangan luar sudah terbentuk bangunan yang megah.


Kondisi yang sama juga terlihat menara pengawas tempat untuk mengatur lalu lintas penerbangan juga telah memasuki finishing. Sementara runway atau landasan pacu penerbangan pesawat sudah lebih dahulu terselesaikan dan telah diaspal halus.

Termasuk rambu-rambu akses jalan di sekitar bandara malahan telah terpasang di sejumlah titik. Sehingga jika tidak aral melintang pada akhir tahun Bandara Dhoho Kediri sudah siap dioperasikan.

Sebelumnya Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana menyebutkan, Pemkab Kediri terus menyiapkan hal-hal diluar bandara, seperti mengawal proses pembebasan lahan jalan tol. Untuk menyiapkan fasilitas pendukung di luar bandara, Bupati Kediri perlu berkoordinasi dengan pemerintah daerah lain, termasuk provinsi.

Seperti soal rambu penunjuk menuju arah bandara, pemasangan rambu petunjuk tetap melibatkan daerah sekitar seperti Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tulungagung dan Kota Kediri. Terkait persiapan operasional bandara, Pemkab Kediri telah menyiapkan percepatan infrastruktur pelapis sekitar bandara mengantisipasi begitu bandara beroperasi.

Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDHI), Maksin Arisandi sebelumnya menerangkan, progress pembangunan bandara yang telah mencapai 97 persen lebih dan ditargetkan akhir Oktober semua pembangunan terkait bandara telah selesai.

"November kita siap verifikasi, tes landing, tes take-off maupun yang lain, jadi semua kita tes di bulan November," jelas Maksin.


Maksim memberikan apresiasi dukungan dari Pemkab Kediri yang siap mensinkronkan daerah sekitar untuk mendukung operasional bandara. Termasuk masalah rambu arah menuju bandara, dukungan dari pemerintah yang tak kalah penting yakni terkait infrastruktur jalan termasuk transportasi pendukung.(read.al)



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini