Breaking News

Terkini: Jokowi Berterima Kasih kepada Aguan yang Bangun Hotel di IKN, Pendaftaran Seleksi CPNS Dibuka Hati-hati Penipuan



 reporter.web.id Jakarta - Berita-berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Kamis sore, 21 September 2023 dimulai dari Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis, 21 September 2023. 

Disusul, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bendahara Negara ini menceritakan bagaimana momen kunjungan yang dilakukan bersama Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan beberapa menteri lain.

Berikutnya, pakar marketing Yuswohady membeberkan dugaan penyebab tutupnya sejumlah bisnis putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep. Sebagian besar bisnis Kaesang yang merugi adalah bisnis yang bergerak di bidang food and beverage (FnB) atau bisnis makanan dan minuman. Seperti  Goola, Siap Mas, dan Ternakopi.

Selanjutnya, Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengimbau pelamar seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS untuk berhati-hati atas banyak modus penipuan. CASN juga diminta mengikuti proses seleksi hanya melalui jalur yang disediakan. 

Terakhir, Wakil Ketua DPR Bidang Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel ikut menanggapi penandatanganan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 89 Tahun 2023. Beleid itu mengatur tentang pelaksanaan pemberian penjaminan pemerintah untuk percepatan penyelenggaraan prasarana dan sarana Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Kelima berita ini paling banyak diakses pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita yang trending tersebut:

1. Pembangunan Hotel Nusantara di IKN, Jokowi: Terima Kasih Pak Aguan

Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara  pada Kamis, 21 September 2023. 

Pembangunan hotel berbintang lima pertama di kawasan IKN itu didanai oleh para investor dalam negeri. 

Menurut Jokowi, pembangunan hotel tersebut bisa meningkatkan kepercayaan dan minat para investor lain, dari dalam maupun luar negeri, untuk berinvestasi di IKN. 

“Terima kasih kepada Pak Aguan (pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma) dan kawan-kawan yang hadir pada sore hari ini. Ini memberikan confidence, memberikan rasa percaya diri pada Nusantara bahwa ini sangat diminati oleh investor,” ujarnya, dikutip dari siaran pers Sekretariat Kabinet RI pada Jumat, 22 September 2023.

Berita selengkapnya baca di sini.

2. Sri Mulyani ke IKN: Tidur di Kemah, Mendengarkan Suara Jangkrik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bendahara Negara ini menceritakan bagaimana momen kunjungan yang dilakukan bersama Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan beberapa menteri lain.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @smindrawati, Menkeu mengaku tidur di tempat camping (kemah) di IKN. Dia juga menjelaskan bahwa sudah ada beberapa kemajuan dari proses pembangunan ibu kota baru itu.

“Tadi malam kami tidur di sini. Suasana masih sangat alam, jadi kami juga mendengar sepanjang suara-suara serangga jangkrik. So, kita lihat hari ini kemajuan dari IKN kita,” ujar Sri Mulyani dalam video yang diunggahnya pada Jumat, 22 September 2023.

3. Bisnis Kaesang Bangkrut, Ini Analisis Penyebabnya

Pakar marketing Yuswohady membeberkan dugaan penyebab tutupnya sejumlah bisnis putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep. Sebagian besar bisnis Kaesang yang merugi adalah bisnis yang bergerak di bidang food and beverage (FnB) atau bisnis makanan dan minuman, seperti  Goola, Siap Mas, dan Ternakopi.

Menurut Yuswohady, bisnis makanan dan minuman memang rentan. Bisnis ini mudah naik daun tapi juga gampang merosot. "Food and beverage itu memang banyak faktor hype-nya," kata Yuswohady saat dihubungi Tempo pada Kamis malam, 21 September 2023. 

"Saat launching bisa heboh, tapi setelah waktu tertentu biasanya enggak heboh lagi terus turun, turun, dan turun."

Menurut dia, bisnis FnB memang memiliki risiko lebih tinggi dibanding bisnis di sektor lain. Alasannya, bisnis makanan dan minuman sangat dipengaruhi oleh faktor tren di masyarakat yang kerap berubah.

4. Pendaftaran Seleksi CPNS Dibuka, BKN Ingatkan Ada Banyak Modus Penipuan

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengimbau pelamar seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS untuk berhati-hati atas banyak modus penipuan. CASN juga diminta mengikuti proses seleksi hanya melalui jalur yang disediakan. 

"Hati-hati terhadap oknum penipuan yang mencoba menyalahgunakan momentum seleksi CASN 2023. Seleksi CASN menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sistem ini menutup celah kecurangan," kata Haryomo melalui keterangan tertulisnya pada Kamis, 21 September 2023.

Haryomo juga meminta pelamar tidak percaya pada oknum ilegal yang menjanjikan kelulusan. Ia juga berharap pelamar mencermati setiap tahapan pendaftaran, termasuk syarat dan ketentuan formasi yang disiapkan masing-masing instansi.

5. Rachmat Gobel soal APBN Jadi Jaminan Utang Kereta Cepat: Tak Adil Bagi Rakyat

Wakil Ketua DPR Bidang Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel ikut menanggapi penandatanganan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 89 Tahun 2023. Beleid itu mengatur tentang pelaksanaan pemberian penjaminan pemerintah untuk percepatan penyelenggaraan prasarana dan sarana Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Rachmat Gobel menilai aturan itu membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berlaku tak adil terhadap kemajuan kesejahteraan umum, apalagi ini ada unsur investasi asing. Menurut dia, APBN menjadi terikat secara permanen dan selamanya terhadap sebuah kegiatan badan usaha. 

“Tentu APBN menjadi tak adil. APBN itu untuk kemaslahatan umum. Ini menjadikan Presiden Joko Widodo yang sudah memiliki sangat banyak legacy luar biasa dalam memimpin Indonesia menjadi bisa tercederai dan menimbulkan persepsi negatif,” ujarnya lewat keterangan tertulis dikutip Jumat, 22 September 2023.

Gobel lalu mengungkit bagaimana awal mula dari proyek sepur kilat itu digadang-gadang tidak akan membebani APBN. Pada 1 Oktober 2015, pemerintah mengumumkan bahwa Cina memenangkan proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan mengalahkan Jepang karena empat hal.(read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini