Breaking News

Stok Mangga di Kediri Melimpah, Jatim Panen 15 Juta Kuintal 2022

   


reporter.web.id , - Pedagang mangga di Kediri menyebut stok buah mangga melimpah di pasar setempat, sejak pekan lalu. Sedangkan panen raya mangga disebut baru akan tiba sekitar tiga bulan ke depan. Jawa Timur sendiri menghasilkan buah mangga mencapai 15 juta kuintal di tahun lalu.

Produksi Mangga di Jawa Timur

Buah mangga dikenal sebagai salah satu hasil bumi dari Provinsi Jawa Timur. Tahun lalu, produksi buah manis ini meledak hingga 5 juta kuintal.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim menyebut, produksi mangga di tahun 2022 melampaui angka produksi tahun sebelumnya, sebanyak 11 juta kuintal.

Bila dilihat dari kota dan kabupaten penghasil, Kediri masuk dalam tiga besar wilayah penghasil mangga terbanyak.

Tahun 2022, Probolinggo mencatatkan produksi mangga mencapai 3 juta kuintal, disusul Pasuruan mencapai 2 juta kuintal dan Kediri tepatnya di angka 1.351.014 kuintal.

Mangga Membeludak di Kediri

Produksi mangga nampaknya akan kembali membeludak di tahun ini. Pedagang mangga di Kediri sudah mengeluhkan turunnya harga mangga, hingga separuh di awal pekan ini.

Harga mangga jenis Podang dan Gadung yang biasanya dijual antara Rp 15.000-Rp 20.000 per kilogramnya, anjlok menjadi Rp7.000 hingga Rp7.500 per kilonya di awal pekan.

"Untuk hari ini peminatnya masih berkurang. Sementara stok banyak, harga langsung turun. Sekitar 2-3 minggu buah mulai banyak," terang Sholeha, pengepul buah mangga di pasar Kecamatan Banyakan, Kediri, Rabu lalu.

Soleha menyebut, konsumsi yang tidak meningkat tidak diimbangi dengan membanjirnya stok mangga, mencapai 10 ton per hari, masuk di pasarnya.

Sementara, Kepala Pelaksana Tugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih menyebut panen raya mangga masih akan berlangsung 2 atau 3 bulan ke depan.(raed.al)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini