Breaking News

Mendikbud Nadiem soal Kebakaran Museum Nasional: Sangat Menyedihkan



Jakarta, reporter.web.id - Mendikbudristek Nadiem Makarim menilai kebakaran di Museum Nasional kejadian yang menyedihkan. Dia mendorong polisi untuk segera investigasi penyebab kebakaran.

"Jadi ini merupakan hal yg sangat menyedihkan buat kamu bahwa ini bisa terjadi. Tentunya tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk segera melakukan investigasi apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," kata Nadiem di kawasan Museum Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023) dini hari.

Nadiem mengatakan hal yang menjadi prioritas yakni inventarisasi artefak dan barang bersejarah di museum. Nadiem menyebut hal itu belum bisa dilakukan semalam karena kendala keamanan.

"Satu hal yang sangat penting adalah saat ini prioritas utama adalah keamanan struktural daripada gedung-gedung ruangan itu. Jadi saya ini belum bisa masuk. Kita ke dalamnya untuk melakukan inventarisasi ya, dari barang-barang tersebut karena dari aparat pemadam kebakaran belum disebut aman. Itu pertama yang penting, keamanan adalah nomor satu," ucapnya.

Sebelumnya, Keterangan dari Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, menyebut kebakaran Museum Nasional itu bersumber dari pendingin udara (AC). Dia menyebut ada letupan.

"Ada letupan AC yang mengakibatkan adanya api, terjadi perambatan ke sisi Gedung A1 bagian belakang," kata Satriadi Gunawan.

Berdasarkan keterangan Suku Dinas Gulkarmat Jakpus, kebakaran ini terjadi pukul 20.00 WIB , waktu pelokalisiran api pukul 20.40 WIB, dan waktu pendinginan pukul 21.47 WIB. Proses pemadaman selesai pukul 00.15 WIB

(red.NR)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini