Breaking News

Ke Gianyar Bali, TP PKK Pemkab Kediri Dapat Ilmu Kelola Pertanian

 


 Jakarta,  reporter.web.id - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito mengatakan pihaknya siap mengadopsi program ketahanan pangan ke TP PKK Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, khususnya program Pusat Pangan Alami Mandiri Asri dan Nyaman (Puspa Aman) dan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Aku Hatinya PKK).

Hal itu ia katakan saat melakukan studi tiru ke TP PKK Kabupaten Gianyar pada Rabu (27/9).

"Kita di Kabupaten Kediri telah memiliki embrio (program) Puspa Aman dan Aku Hatinya PKK, setelah kunjungan ini bagaimana nanti bisa kita modifikasi supaya menjadi lebih baik lagi embrio tersebut," kata Eriani dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/9/2023).

Eriani menuturkan melalui studi tiru tersebut pihaknya mendapatkan banyak pembelajaran. Menurutnya, sinergi antar elemen dan dukungan pemerintah desa diperlukan untuk menjaga keberlanjutan program.

"Banyak sekali ilmu yang kita dapat, jadi programnya berkelanjutan, tidak berhenti di satu program selesai," tuturnya.

Di Kabupaten Kediri, kata Eriani, embrio yang telah berjalan salah satunya Desa Tertek, Kecamatan Pare. Ia menyebut hasil pertanian pada program yang berjalan telah sampai dijual ke pasar.

"Setelah dari sini kita bisa lakukan modifikasi lagi dan mengembangkan potensi yang ada di sana," katanya.

Pada kesempatan tersebut, TP PKK Kabupaten Kediri juga mendatangi Desa Sidan yang menjadi juara 1 lomba Puspa Aman dan Aku Hatinya PKK tingkat Kabupaten Gianyar.

Diketahui program Puspa Aman telah berjalan sejak pertengahan tahun 2021, dengan memanfaatkan lahan dengan luas 3 hektare.

Dalam program ini, dibangun pula rumah bibit. Bibit yang dibudidayakan selain dimanfaatkan untuk demplot Puspa Aman juga diserahkan kepada warga untuk menunjang program Aku Hatinya PKK dan dijual melalui BUMDes.

Sementara itu, Perbekel (Kepala Desa) Sidan, I Made Sukra Suyasa menyampaikan lokasi Puspa Aman Desa Sidan dikembangkan untuk objek wisata pada tahun lalu. Dalam hal ini, pemerintah desa melalui BUMDes telah menata lahan dengan membangun tempat bermain anak dan resto.

Resto tersebut juga sekaligus untuk memasarkan hasil panen, seperti beras organik hasil pertanian lahan Puspa Aman.

"Di samping itu Puspa Aman Desa Sidan ini juga kami pergunakan untuk tempat belajar tani organik," terangnya.

Di samping itu, Puspa Aman juga bersinergi dengan TPS3R di Desa Sidan. Adapun kompos organik yang diolah di TPS3R dimanfaatkan untuk pemupukan lahan Puspa Aman dan Taman Hatinya PKK.(read.al)



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini