Breaking News

Hujan Mendadak Guyur Jakarta, Ternyata Buatan BMKG

 


 Jakarta, reporter.web.id - Sejumlah wilayah di DKI Jakarta, Selasa kemarin (19/9), diguyur hujan yang cukup deras pada siang hari.

Ternyata hujan tersebut terjadi karena ada faktor modifikasi cuaca yang dilakukan oleh BNPB, BMKG, dan tim.

"Iya (ada modifikasi cuaca)," kata Koordinator Laboratorium Pengelolaan Teknologi Modifikasi Cuaca BRIN Budi Harsoyo.

Budi menjelaskan bahwa BMKG dan tim telah melakukan water mist spraying atau penyemprotan air dari langit Jakarta dalam beberapa waktu belakangan.

"Maka operasi yang sebelumnya masih berjalan itu untuk water spraying, ini juga dimanfaatkan," jelasnya.


Namun pada water spraying sebelumnya hanya menyemprotkan air biasa untuk membasuh, namun tidak ada bahan semainya. Kemudian, karena ada potensi hujan itu BMKG akhirnya menambahkan bahan semai CACL2 (garam). Baru kemudian disemprotkan masuk ke dalam awan.

BMKG, jelas Budi, telah melakukan dua kali sorti penerbangan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk penyemaian awan hujan lewat water spraying dengan menggunakan bahan semai CaCl2 liquid atau cair.

Dua kali penyemprotan bahan semai Cacl2 dilakukan dengan masing-masing tiap sekali sorti sebanyak 1.500 liter. Hasilnya, menurut Budi, cukup baik hingga hujan pun turun siang hari di sejumlah wilayah Jakarta.

Dia menyatakan hujan terpantau sudah turun hingga di Tangerang. Untuk di Jakarta, mayoritas wilayah yang sudah diguyur hujan adalah Jakarta Selatan dan Jakarta Utara.

"Ini di Tangerang sudah hujan, di Kemayoran juga sudah hujan, di sekitar daerah Pancoran juga tadi ada laporan hujan, dan kalau saya lihat dari data radar ini hujannya sudah cukup meluas untuk hampir seluruh wilayah Jakarta, terutama di bagian selatan dan utara, yang bagian tengah, di Jakarta Timur ini baru mulai tumbuh tapi mudah-mudahan bisa jadi hujan," imbuhnya.

Hujan turun setelah sebelumnya kualitas udara di Jakarta masuk dalam kategori buruk. Menurut pantauan kami hujan turun di kawasan Jakarta Pusat sekitar pukul 11.00 WIB, kemarin Selasa (19/9/2023). Sejumlah wilayah di Jakarta juga terpantau mendung pada siang ini.(read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini