Breaking News

Daftar Kiai dan Nyai Ditemui Anies-Cak Imin Selama Safari di Jatim

  



Jakarta,  reporter.web.id  - Bakal capres dan cawapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjalani serangkaian safari politik di Jawa Timur. Keduanya menyambangi kiai dan nyai di wilayah Jatim untuk memohon doa serta restu berduet bersama.

Anies dan Cak Imin mengawali safari politik mereka ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Setelahnya, keduanya bergerak mengunjungi daerah lainnya di Jawa Timur, seperti Jember, Pasuruan, Gresik, Sumenep dan Jombang.

"Pasangan AMIN sudah sowan ke seluruh daerah Jatim. Banyuwangi, Jember, Pasuruan, Sumenep, Jombang dan sebagainya," kata Sekjen PKB Muhammad Hasanuddin Wahid kepada wartawan, Jumat (29/9/2023).

Teranyar, keduanya menyambangi Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang, Jawa Timur pada Jumat (29/9). Keduanya sowan ke 30 ulama khos (sepuh) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur. Anies-Cak Imin pun meminta wejangan kepada para sepuh soal langkah yang diambil AMIN ke depannya.

"Ini adalah sowannya Anies Baswedan dan Gus Imin, pasangan AMIN pada semua Masyaikh para Kiai parapengasuh ponpes di Jatim," jelas Hasanuddin.

"Beliau berdua minta doa restu memohon tausyiah memohon nasehat, masukan apa yang harus diperjuangkan pasangan AMIN dan apa yang harus dilakukan pasangan AMIN," sambungnya.

Berikut daftar lengkap 30 kiai dan nyai khos beserta gus yang bertemu dengan Anies-Cak Imin di Denanyar, Jawa Timur:

1. KH Nurul Huda Jazuli

2. Nyai Badriyah

3. KH Marzuki Mustamar

4. KH Ahfas Lasem

5. KH Mustofa Badriduja

6. KH Zam Zami Mahrus

7. KH Fathul Huda

8. KH Mufti Ali Ploso

9. KH Anim Falahuddin

10. KH Atoillah Anwar

11. Gus Kausar

12. Gus Fahim

13. Gus Faruk

14. Gus Zidni

15. Gus Toif

16. Gus Makmun

17. Gus Ahmad

18. Gus Yusuf

19. Gus Suadi

20. Gus Maki Bwi

21. Ra Ghulam

22. Gus Affan

23. Gus Faris

24. Gus Fauzi

25. Gus Saif

26. Gus Faiq

27. Gus Panji

28. KH Abdul Wahab Kholil

29. KH Wazir Ali

30. KH Zaenal A.

Di Banyuwangi, Anies dan Cak Imin bertemu dengan para kiai, ulama serta tokoh masyarakat di kompleks Pondok Pesantran Darussalam Blokagung, Banyuwangi pada Kamis (28/9). Kedatangan keduanya disambut pengasuh Pesantren Darussalam Blokagung, KH A. Hisyam Syafaat, dengan cara mengalungkan sorban berwarna merah marun kepada Anies-Gus Imin.

Setelah berziarah di makam para ulama dan sesepuh pesantren yang berada di area kompleks pondok, keduanya mengikuti silaturahim bersama para kyai, nyai, dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Banyuwangi.

Keduanya lalu melanjutkan safari di Jawa Timur dengan mendatangi Pondok Pesantren Nurul Islam di Jember, Kamis (28/9). Tiga kyai yang bergantian memimpin doa untuk Anies-Gus Imin yaitu KH Ahmad Roshidi Baihaqi dari Jember, KH Imron Anis dari Lumajang, dan KH Azizi Sarbini dari Bondowoso. Sebelum mereka, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam KH Muhyiddin Abdusshomad juga telah berdoa untuk Amin.

"Mudah-mudahan disampaikan takdirnya Gusti Allah untuk (Amin) berhasil memimpin masyarakat Indonesia," tutur KH Imron Anis dalam penggalan doanya.

Anies dan Cak Imin kemudian melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini di Pasuruan, Jawa Timur. Di lokasi tersebut, keduanya bertemu dengam pengasuh ponpes, KH Abdul Mujib Imron.

KH Abdul Mujib Imron meminta tak ada lagi pihak yang meragukan Anies Baswedan sebagai Bacapres Koalisi Perubahan. Sebab, Mujib menyebut Bacawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin telah menjamin Anies bukanlah bagian dari kumpulan radikal.

"Insyaallah tidak diragukan lagi Pak Anies Baswedan yang di belakangnya Gus Imin panglima sakti yang dijuluki oleh masyarakat bukan secara kelembagaan tapi masyarakat yang disebut kiai-kiai dan habaib memberikan gelar yang seperti itu," kata Kiai Mujib.

Mantan Wakil Bupati Pasuruan periode 2018-2023 sekaligus politikus PKB itu meminta seluruh kiai dan nyai di Pasuruan bergerak mendukung AMIN. Kiai Mujib bahkan meminta Cak Imin maupun Anies tak perlu sering-sering datang ke Pasuruan untuk safari politik karena ia berjanji akan memenangkan duet AMIN.

Keesokan harinya, Jumat (29/9) keduanya menyambangi Pondok Pesantren Ar Raudhah di Kabupaten Sumenep, Madura untuk bersilaturahmi bersama Kyai, Nyai, Habaib, dan warga Nahdiyin Pulau Madura di Pondok Pesantren Ar Raudhah pimpinan KH As'adi Syarqowi, Jumat (29/9). (read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini