Breaking News

AHY akan Deklarasikan Bakal Capres Demokrat di Rapimnas Besok

 


reporter.web.id  , Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan mengumumkan bakal calon presiden dari partainya dalam rapat pimpinan nasional pada Kamis, 21 September 2023. Ini menyusul hengkangnya Demokrat dari Koalisi Perubahan yang mengusung kandidat calon presiden Anies Baswedan.

Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat Herman Khaeron, memastikan ini dalam keterangan pers yang diterima pada Rabu, 20 September 2023. Menurutnya sebelum mendeklarasikan capres dari Demokrat, AHY bakal menyampaikan keputusan strategis Majelis Tinggi Partai terkait dukungan calon dan koalisi kepada partai dan publik.

Rapat pada Kamis besok akan digelar di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. Herzaky Mahendra Putra, Kepala Badan Komunikasi Strategis/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat menambahkan, deklarasi capres Partai Demokrat yang dilakukan secara terbuka dan dihadiri ribuan pimpinan Partai Demokrat di berbagai tingkatan, dari Dewan Pimpinan Daerah sampai Dewan Pimpinan Cabang dari seluruh Indonesia. 

“Mesin partai politik Demokrat pun bakal bergerak,” kata Herzaky dalam keterangan tertulis.

Demokrat sebelumnya berada di koalisi pendukung Anies Baswedan bersama NasDem dan PKS. Belakangan Demokrat memilih keluar setelah tak sepakat dengan NasDem dan Anies yang dianggap secara sepihak telah memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal cawapres Anies.

Setelah hengkang dari Koalisi Perubahan, Demokrat memberi sinyal merapat ke Koalisi Indonesia Maju yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, walau belum memberikan pernyataan resmi.

Saat ditemui di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Ahad, 17 September 2023, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budi Djiwandono menyebut telah ada pertemuan antara SBY dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

SBY dan Prabowo sebelumnya juga bertemu saat menghadiri acara ulang tahun Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (PEPABRI) ke-64 di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat pada Selasa, 12 September 2023. Keduanya tampak akrab pada momen tersebut.

Bersama AHY, SBY kemudian mengunjungi kediaman Prabowo di Hambalang, untuk menyampaikan dukungannya terhadap Prabowo. "Dalam pertemuan (Ahad) sore di Hambalang, Ketua Umum Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan MTP (Majelis Tinggi Partai) yang menyatakan Partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024," kata Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Senin, 18 September 2023.

Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo diisi oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Gelora, dan Partai Bulan Bintang. Partai Prima, PSI dan Partai Garuda disebut-sebut juga bakal ikut bergabung dalam KIM untuk mendukung Prabowo.(read.al)


IKLAN


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini