Breaking News

5 Catatan Kasus Kekerasan Pelajar dan Mahasiswa September 2023, Potret Kelam Dunia Pendidikan

 





JAKARTA,  reporter.web.id - Dunia pendidikan tercoreng dengan kasus kekerasan pelajar dan mahasiswa. Mereka tega menganiaya teman sendiri karena berbagai faktor dari mulai geng, saling ejek, hingga masalah senioritas.

Rangkuman sepanjang September 2023, ada beberapa catatan kasus kekerasan menonjol di dunia pendidikan. Berikut rangkumannya, dikutip Sabtu (30/9/2023).

1. Awal September 2023

Pada awal September 2023, bullying menimpa pelajar YZ (15) di sekolah Al Ma'shum, Kisaran, Asahan, Sumatera Utara. Ia diduga mendapat perundungan dari enam teman sekolahnya. Dalam rekaman video yang beredar, YZ ditendang hingga dikeroyok oleh lima rekannya. Atas kejadian tersebut, korban harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Akibat perundungan yang dialami, YZ mengalami trauma enggan kembali bersekolah.

2. Pekan Ketiga September 2023

Kemudian, aksi perundungan di lingkungan sekolah juga terjadi di Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dalam video amatir menampilkan sejumlah siswa yang diduga junior mendapatkan kekerasan verbal dan pukulan sandal di wajah mereka. Korban yang berjumlah lebih dari 8 orang terlihat duduk sambil menggendong tas sementara pelajar lainya yang merupakan seniornya berdiri sambil memukul wajah menggunakan sandal. Video berdurasi 58 detik diketahui merupakan pelajar SMP 1 Babelan, kabupaten Bekasi

 

3. Akhir September 2023.

Kemudian, yang saat ini menjadi sorotan publik ialah kasus bullying yang terjadi di SMP 8 Cilacap, Jawa Tengah. Peristiwa perundungan tersebut viral di media sosial. Dalam video amatir berdurasi empat menit, nampak korban FF mendapatkan pukulan di badan dan tendangan hingga terkapar oleh MK sebagai pelaku. Pelaku terus melakukan aksinya dengan tega meski korban sudah meminta ampun.

4.  21 September 2023

Kemudian, aksi perundungan di perguruan tinggi lainnya diduga terjadi di Universitas Bandar Lampung (UBL). Video rekaman CCTV yang menampilkan bullying itu viral di media sosial Whatsapp (WA).

Dalam video berdurasi 21 detik itu terlihat seorang mahasiswa dipiting oleh mahasiswa lainnya. Sembari berjalan, mahasiswa itu juga dipukul serta ditendang tanpa adanya perlawanan. Namun, Polisi masih menyelidiki kasus tersebut apakah terjadi di universitas

yang dimaksud.


5. 25 September 2023

Terbaru, dugaan aksi perundungan terjadi di Kampus Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang.

Aksi tersebut terekam dalam video berdurasi 34 detik mengenai dugaan aksi pengeroyokan di halaman kampus Unitri. Peristiwa itu terjadi pada Senin pagi (25/9/2023) sekitar pukul 08.00 WIB, atau di hari pertama ospek maba.

Terlihat pada video yang beredar beberapa mahasiswa tampak mengejar mahasiswa lainnya yang diduga maba. Sempat terlihat adu fisik antar mahasiswa sebelum akhirnya memasuki ruangan. Dugaan peristiwa ini karena adanya kesalahpahaman aturan potongan rambut yang seharusnya jadi persyaratan para maba.   (read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini