Breaking News

3 Lokasi Pembantaian PKI di Jawa Timur

  


Surabaya,  reporter.web.id  - Pembantaian Partai Komunis Indonesia (PKI) membekas dan menjadi sejarah kelam di Indonesia. Selain pembantaian di Madiun pada 1948, terdapat tiga lokasi pembantaian PKI di Jawa Timur.

Gerakan 30 September PKI dikenal juga dengan G30S PKI. Peristiwa penculikan, pembantaian, dan pertumpahan darah ini menimbulkan banyak korban jiwa. PKI bertujuan menggulingkan pemerintahan Soekarno dan mengganti ideologi Pancasila menjadi Komunis.

Berikut 3 Lokasi Pembantaian PKI di Jawa Timur
Masyarakat mungkin sudah tak asing dengan Lubang Buaya sebagai lokasi pembantaian tujuh perwira selama upaya kudeta G30S PKI hingga 1 Oktober. Namun, di Jawa Timur ada tiga lokasi pembantaian PKI yang memakan banyak korban. Berikut daftarnya.

1. Monumen RM Soerjo

Berlokasi di Desa Perang Lor, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi terdapat monumen gubernur pertama Jawa Timur, yaitu RM Soerjo. Monumen RM Soerjo dibangun pada 1948 di kawasan hutan.

Ada tiga patung menghadap timur laut. Patung pertama paling depan adalah RM Soerjo, kemudian dua patung polisi di belakangnya, yaitu Kombespol Doerjat dan Kompol Soeroko.

Dikisahkan, pada November 1948, RM Soerjo, Kombespol Doerjat, dan Kompol Soeroko melakukan perjalanan dari Yogyakarta menuju Madiun. Mereka kemudian dicegat PKI di sebuah desa di Kecamatan Keduggalar. Saat itulah rombongan RM Soerjo dibantai PKI, bahkan kendaraan yang mereka tumpangi juga dibakar.

Lalu dibangunlah tugu yang menjadi saksi bisu pembakaran mobil yang ditumpangi RM Soerjo. Tugu itu dominan berwarna putih dan setinggi dua meter, yang berbentuk seperti prasarti. Tetapi saat ini tulisan pada prasasti itu sudah sulit dibaca.

Juga ada tugu sebagai tanda lokasi penemuan jenazah RM Soerjo dan kedua polisi yang dibantai PKI. Lokasi ini terletak di Desa Bangunrejo Lor, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi. Tujuan pembangunan RM Soerjo di kawasan hutan Ngawi adalah sebagai salah satu bentuk kekejaman PKI.

2. Coban Talun

Coban Talun terletak di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Dulu, Air Terjun Coban Talun menjadi tempat pembantaian PKI di Malang.

PKI membuang jenazah para korban pembanatain di Air Terjun Coban Talun. Seiring berjalannya waktu, tempat ini berubah menjadi destinasi wisata.

3. Waduk Karangkates

Waduk Karangkates terletak di Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Saat ini Waduk Karangkates digunakan untuk menangani banjir, menyediakan air irigasi di Kali Brantas, tempat wisata, dan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Siapa sangka dahulunya Waduk Karangkates menjadi saksi bisu kekejaman PKI di Jawa Timur. Waduk ini menjadi tempat pembuangan jasad korban pembantaian PKI. Para korban dibuang ke aliran sungai yang mengalir masuk ke waduk.

Itulah tiga lokasi pembantaian PKI di Jawa Timur. Semoga informasi ini bermanfaat. (read.al)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini