Breaking News

Sambut Kemerdekaan RI, Nelayan Surabaya Upacara di Tengah Laut





SURABAYA
, reporter.com - Ratusan nelayan di Surabaya, Jawa Timur, menggelar upacara di tengah laut pada Rabu (16/8/2023). Mereka melakukan hal tersebut untuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia. Berdasarkan pantauan, ratusan nelayan tampak mulai menaiki perahunya masing-masing, yang berada di sekitar Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya, sekitar pukul 09.00 WIB. Para nelayan tersebut tampak kompak mengenakan kaos merah ketika mengikuti acara itu. Selain itu, mereka juga telah menghias perahu dengan ornamen bendera Indonesia.

Kemudian, sejumlah perahu berlayar secara bersamaan menuju ke tengah laut. Di sana, mereka sejenak menggelar upacara dan hormat ke bendera merah putih, milik masing-masing. Salah satu nelayan dari Sukolilo Baru, Madrifa (30) mengatakan, baru pertama kali merasakan upacara di tengah laut. Sebab, dia biasanya merayakan kemerdekaan dengan acara di rumah. "Pertama kali (upacara di tengah laut), sebelumnya tidak pernah. Biasanya merayakan dengan tetangga di kampung," kata Madrifa, ketika ditemui di
lokasi. Madrifa mengaku senang mengikuti upacara bendera bersama ratusan nelayan di Surabaya lainnya. Dia berharap kesejahteraan para pelaut bisa semakin terjamin. "Kurang lebih yang ikut ada 250 nelayan, 78 perahu. Senang, ada kemajuan dari para nelayan dan memupuk rasa cinta tanah air," jelasnya. Ketua Badan Kebudayaan Nasional (BKN) Surabaya, Abdul Ghoni Muklas Ni'am mengatakan, upacara tersebut tidak digelar Kamis (17/8/2023) besok, karena ingin membuat momentum baru. "Kami memcoba membuat momentum. Kami ingin menanamkan semangat nasionalisme dan cinta kepada tanah air," kata Ghoni.

Ghoni menyebut, upacara itu juga sebagai ungkapan bersyukur para nelayan yang hidup dari hasil laut. Selain itu, juga sebagai pengingat untuk terus menjaga lingkungan agar tidak tercemar. "Terkejut, kagum, kaget, karena baru kali ini kita laksanakan. Walaupun ada sedikit ketidaksempurnaan, tadi kita lihat mereka belajar baris berbaris," jelasnya. (red.ci)




© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini