Breaking News

Promosikan Wisata Magetan Selenggarakan Festival Budaya dan Event Creative Magetan Day


Festival Budaya Dewi Sri Simbatan Dan Launching Event Creatif Magetan Day Tahun 2023. (Diskominfo)


Magetan, reporter.com - Pesona keindahan alam Magetan, khususnya wisata alamnya, semakin memukau dan menjanjikan. Untuk mengenalkan potensi wisata yang luar biasa ini, Desa Simbatan Kecamatan Nguntoronadi menggelar Festival Budaya dan Event Creative Magetan Day pada Jumat (4/8).


Acara tersebut menampilkan berbagai pertunjukan menarik, seperti sendra tari Dewi Sri Simbatan, tari Jejer Jaran Dawur, fashion show batik Simbatan, tari Bali Margapati, dan penutupan acara dengan fashion show batik khas Magetan.


Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiarti, M.Pd, menyampaikan pentingnya mengembangkan potensi daerah dan memperkenalkan kekayaan budaya Magetan ke tingkat nasional.


Baca Juga: Beto Goncalves Bawa Madura United Amankan Poin di SGB

“Kita sadar bahwa berbagai potensi daerah yang kita miliki belum banyak dikenal oleh masyarakat secara luas, oleh karena itu dalam momentum seperti ini, marilah kita manfaatkan sebagai sarana promosi agar nama Magetan dengan segala potensinya lebih dikenal dari berbagai daerah bahkan dari manca negara,” ujarnya.


Selain menjadi sarana promosi, acara Festival Budaya Dewi Sri Simbatan juga merupakan bentuk perlindungan, pemanfaatan, dan pengembangan terhadap cagar budaya. Petirtaan Dewi Sri Simbatan memiliki nilai sejarah yang berpengaruh besar pada berdirinya Kabupaten Magetan dan sejarah peradaban di daerah tersebut.


Selain pelestarian budaya dan pengembangan wisata budaya melalui festival Dewi Sri, acara ini juga meluncurkan event “Creative Magetan Day” (Creame Day).


Baca Juga: Bupati Sidoarjo Dorong Pembangunan Karakter Anak Sejak Usia Dini

Acara ini menyediakan ruang kreatif bagi para pelaku usaha ekonomi kreatif, sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 24 Tahun 2019 tentang ekonomi kreatif. Diharapkan, event ini dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian dan pengembangan wisata daerah.


Kepala Desa Simbatan, Nur Hidayat, menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya event Creative Magetan Day. Ia berharap event ini dapat semakin sukses dan berkembang ke depannya.


Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Magetan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan, Forkopimca, Kepala Desa Simbatan, serta masyarakat Desa Simbatan yang sangat antusias dalam menyambut acara budaya dan kreatifitas ini. Semoga potensi wisata Magetan semakin dikenal dan berkembang di tingkat nasional.


(Red*Efr)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini