Breaking News

Polres Situbondo dan BPBD Jatim Salurkan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan


Situbondo, reporter.com - Salah satu daerah di Jawa Timur yang sering mengalami bencana kekeringan adalah Kabupaten Situbondo. Salah satu titik yang rutin mengalami kekurangan air bersih adalah Desa Gunung Putri di Kecamatan Suboh.


Polres Situbondo dengan dukungan anggota Polri, khususnya alumni Akademi Kepolisian Angkatan 1995, turut peduli dalam rangka 28 Tahun Pengabdian AKPOL 95 Patria Tama untuk Polri yang Presisi. Mereka mendistribusikan air bersih secara serentak ke empat Kecamatan terdampak.


“Hingga saat ini, sekitar 100 ribu liter air bersih telah didistribusikan kepada warga yang kekurangan air bersih di Dusun Langai Panarukan, Dusun Sokaan Desa Gunung Putri Suboh, Desa Polay Arjasa, dan Desa Sidomukti Mlandingan,” ungkap Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., pada Kamis (3/8/2023).


Kapolres menekankan bahwa pendistribusian air bersih dilakukan untuk membantu masyarakat di daerah pegunungan atau terpencil, di mana penduduk sering harus menempuh jarak yang jauh untuk mendapatkan air bersih dalam kehidupan sehari-hari.


Penyaluran bantuan air bersih mendapatkan respon positif dari warga terdampak kekeringan. Masyarakat antusias menunggu kedatangan truk tangki yang mengangkut air bersih, dan petugas senang dapat memenuhi segala bak, timba, dan jerigen yang dibawa oleh warga.


“Kegiatan sosial ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Jawa Timur, termasuk di Polres Situbondo. Truk pembawa bantuan air bersih dilepas langsung melalui Zoom Meeting oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Dr. Toni Harmanto,” tutupnya.


Pada Selasa sore (1/8/2023), Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, mengunjungi Desa Gunung Putri untuk menyalurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak.


Sebelum melakukan droping air bersih, Kalaksa BPBD Jatim bersama dengan Kabid KL BPBD Situbondo, Titik Suwarni, dan Kabid PK BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan, melakukan assessment dengan Kades Gunung Putri, Titin Murtinah, terkait kekeringan di wilayah Gunung Putri.


Berdasarkan hasil assessment, kekeringan di wilayah ketinggian ini memang selalu terjadi saat musim kemarau. Pada tahun ini, sekitar 937 KK atau sekitar 1.391 jiwa terdampak kekeringan, tersebar di beberapa titik di Dusun Sokaan Utara, wilayah Barat, Tengah, dan Selatan.


Bulan lalu, BPBD Jatim bekerja sama dengan BPBD Situbondo melakukan droping air bersih secara rutin di empat desa yang berada di empat kecamatan, yaitu Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh, Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan, Desa Jatisari Kecamatan Arjasa, dan Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih.


Pada Bulan Agustus ini, rencananya akan ditambah satu desa lagi, yaitu Desa Plalangan Kecamatan Sumber Malang.


Kades Gunung Putri, Titin Murtiah, mewakili seluruh warganya, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima. Dengan adanya bantuan ini, setidaknya beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih dapat sedikit berkurang.


Kabid PK BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan, juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jatim dan Kalaksa BPBD Jatim atas kerjasama dan perhatiannya dalam penanganan bencana kekeringan di wilayah Situbondo. “Dengan kerjasama ini, akhirnya kita bisa membantu warga Desa Gunung Putri dengan penyediaan air bersih,” ujarnya.


Sementara itu, Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, juga menyampaikan terima kasih kepada BPBD Kabupaten Situbondo dan Kades Gunung Putri yang aktif memberikan laporan tentang kondisi kekeringan di wilayahnya. “Semoga bantuan air bersih ini dapat dimanfaatkan warga untuk kebutuhan keseharian,” harapnya.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini